Skip to content

7 Kelebihan Mozaik Untuk Kolam Renang

Kolam renang dengan tampilan yang indah pasti diminati banyak orang. Dan hampir semua orang menginginkan tampilan kolam yang mewah dengan air yang jernih layaknya kristal. Untuk mendapatkannya, anda bisa mengaplikasikan mozaik dalam kolam renang anda. Karena pada dasarnya, ada beberapa kelebihan mozaik untuk kolam renang yang bisa membuat tampilan kolam anda terlihat lebih indah dan mewah, dengan air yang terlihat jernih dan berkilau.

Dengan banyaknya kelebihan mozaik untuk kolam renang, hal ini membuat banyak orang inginmengaplikasikanna pada kolam renang mereka. Tetapi, sebelum mengaplikasikannya, akan lebih baik jika anda sudah mengerti jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut. Apakah mozaik akan tahan lama jika digunakan di kolam renang dibanding dengan meterial lain seperti keramik? Apa saja kelebihan mozaik untuk kolam renang? Dan dimana tempat untuk membeli mozaik? Dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut kami sajikan uraian mengenai 7 kelebihan mozaik untuk kolam renang.

Kelebihan Mozaik Untuk Kolam Renang

7 Kelebihan Mozaik Untuk Kolam Renang

Tingkat Kekerasan Yang Tinggi

Kelebihan mozaik untuk kolam renang yang pertama yaitu sifat mozaik yang tahan terhadap segala macam perubahan cuaca. Proses pembuatan mozaik adalah dengan cara dipanaskan pada suhu 2400 derajad celcius selama 18 jam. Proses pembakaran yang lama dalam suhu yang tinggi membuat tingkat kekerasan mozaik yang tinggi. Itulah mengapa mozaik relatif lebih tahan terhadap perubahan cuaca dibandingkan dengan meterial lain seperti keramik. Dengan begitu, tentu mozaik akan lebih awet dan tahan lama.

Tahan Air dan Anti Gores

Kedua, kelebihan mozaik untuk kolam renang adalah sifatnya yang tahan air dan tahan gores. Dengan tingkat kekerasan yang tinggi, tentu kadar serap air mozaik akan sangat rendah, yakni hanya 0,006-0,3%. Untuk itu, walaupun terendam di dalam air dalam waktu yang lama, mozaik tidak akan mudah rusak. Selain itu, proses pembersihan yang menggunakan sikat dengan berbulu keras juga tidak akan membuat mozaik cepat rusak ataupun tergores.

Baca juga Tips Memilih Pompa Kolam Renang disini

Kuat dan Tidak Mudah Lepas

Ketiga, tidak seperti bahan lain, mozaik yang dipasang pada kolam tidak mudah terangkat atau lepas. Selain kekuatannya, mozaik juga terkenal akan daya lentur atau daya tekan sangat baik, yaitu sebesar 450 kg/cm2. Bandingka dengan daya tekan keramik lantai biasa yang hanya 200 kg/cm2. Maka dari itu, mozaik tahan terhadap gesekan. Jadi saat terinjak-injak banyak orangpun tidak akan mudah lepas.

Mudah Dibersihkan

kelebihan mozaik untuk kolam renang yang keempat adalah mudah dibersihkan. Kolam renang sebagai area yang selalu basah akan dengan mudah terkena jamur dan lumut. Tidak seperti jamur dan lumut pada umumnya, jamur dan lumut pada kolam renang sangat  sulit dibersihkan. Untungnya, mozaik menawarkan hal yang berbeda jika tertempel lumut ataupun jamur. Hanya dengan menyikatnya saja, jamur dan lumut akan hilang dengan mudahnya, sehingga mozaik bisa menjadi bersih kembali.

Aman Digunakan

Kelebihan selanjutnya yaitu sisi mozaik tidak mudah terkikis dan tidak tajam. Salah satu kelebihan mozaik untuk kolam renang adalah sisi yang tidak tajam sehingga kecil kemungkinannya untuk melukai pemakai kolam. Seperti yang kita tahu, sisi mozaik dibuat halus, sehingga tidak tajam. Walaupun terendam lama pada kolam renang sisi mozaik juga tidak mudah terkikis sehiongga sisi-sisi tersebut akan tetap halus.

Memiliki Efek Mengkilap

Kemudian, kelebihan mozaik untuk kolam renang yang keenam adalah memberikan efek mengkilap (glossy). Perpaduan antara sinar matahari yang menyinari air dan efek mengkilap dari mozaik akan menjadi perpaduan yang indah. Efek mengkilap mozaik akan membuat warna mozaik lebih terpancar, dan air terlihat mengkilap.

Warna dan Motif yang Beragam

Terakhir, mozaik memiliki beragam pilihan warna dan motif. Sehingga pemilik kolam bisa melakukan mix beberapa warna agar tampilan menjadi lebih indah. Dengan memadukan beberapa warna menjadi satu kesatuan, tampilan kolam akan terlihat menjadi lebih indar dan berkarakter.

Kekurangan Mozaik Untuk Kolam Renang

Selain menawarkan banyak kelebihan, mozaik ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Terutama berkaitan dengan harga mozaik yang jauh lebih mahal dibandingkan material lain seperti keramik. Semakin kecil ukuran dan semakin bagus motif dari sebuah mozaikm maka harganya akan semakin mahal. Merek dari mozaik juga menentukan harga mozaik tersebut. Akan tetapi, harga yang mahal ini sangat berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan.

Selain itu, jika mozaik yang dipilih memiliki ukuran yang kecil, maka proses pengenatan akan lebih lama dibanding keramik biasa. Setiap celah antar keping mozaik harus diisi dengan nat. Untuk itu, mozaik yang berukuran kecil akan memiliki banyak bagian yang harus diisi dengan nat. Sebagai gambaran awal, berikut contoh-contoh mo0zaik yang bisa dipilih.

Kelebihan Mozaik Untuk Kolam Renang Contoh mozaik 1
Contoh mozaik 1
Contoh mozaik 2
Contoh mozaik 2
Contoh Mozaik 3
Contoh Mozaik 3
Contoh Mozaik 4
Contoh Mozaik 4
Contoh Mozaik 5
Contoh Mozaik 5

Dengan semua kelebihan mozaik untuk kolam renang yang ada, sangat disarankan untuk menggunakan mozaik demi hasil kolam renang yang indah, aman, dan tahan lama. Tak lupa, sebagai kkontraktor kolam renang, kami juga menawarkan berbagai macam mozaik berkualitas. Jika anda berminat, kunjungi website kami disini. Atau, anda bisa menghubungi kami di nomor 02184305011 ext.22. Selain itu, kami juga menawarkan jasa konsultasi dan pemasangan mozaik. Demikian ulasan tentang kelebihan mozaik untuk kolam renang, semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk memilih mozaik.

Edited by: Eko.P_Dimulti (9 November 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.