Press "Enter" to skip to content

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Renang Outdoor

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Renang OutdoorKolam renang outdoor yaitu kolam renang yang terletak di luar ruangan atau di area yang terbuka. Karena letaknya yang berada di luar ruangan, maka suasana berenang di kolam renang outdoor akan terasa lebih segar. Hal ini dikarenakan karena sirkulasi udara yang lebih babas dan lancar.

Disamping itu, kolam renang outdoor juga merupakan jenis kolam yang paling banyak digunakan masyarakat sebagai kolam renang pribadi, kolam renang umum, maupun waterboom. Hal ini dikarenakan biaya pembuatannya yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan kolam renang indoor. Disini, anda tidak perlu membuat atap atan dinding pembatas ruangan. Sehingga, biaya pembuatan bisa ditekan secara drastis.

Baca juga : Tips Membuat Taman Kolam Renang

Kelebihan Kolam Renang Outdoor

Selain hal-hal yang telah disebutka diatas, kolam renang ourdoor ternyata masih memiliki banyak kelebihan lain. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, jenis kolam renang ini sangat pantas untuk dipertimbangkan. Lalu, apa kelebihan-kelebihan kolam renang luar ruangan tersebut? Berikut uraiannya.

Kolam Renang Outdoor Memiliki Ruang yang Lebih Luas

Dengan mengambil tempat di luar ruangan, maka kolam renang outdoor akan memiliki space/ruang yang lebih luas. Oleh karena itu, anda bisa menambahkan properti atau aksesoris tambahkan yang memiliki sisi fungsionalitas. Misalnya, anda bisa menambahkan kursi dan meja di dekat kolam, sehingga bisa digunakan sebagai tempat bersantai. Atau, space yang luas juga bisa anda gunakan untuk menambahkan taman kolam, papan luncu, area bermain, dan lain sebagainya.

Kolam Renang Outdoor Menawarkan Suasana yang Lebih Segar

Selain space yang lebih luas, kolam renang outdoor juga menawarkan suasana berenang terasa lebih segar. Suasana segar saat berenang ini didapatkan dari lokasi kolam yang terbuka, sehingga sirkulasi udara lancar dan suplay oksigen yang lebih banyak. Selain itu, sirkulasi udara yang lancar juga akan membuat chlorine menguap dengan mudah, sehingga air kolam tidak bau.

Kolam Renang Outdoor Menawarkan Pandangan yang Lebih Luas

Seperti yang telah disampaikan di atas, kolam renang outdoor memiliki pandangan mata yang lebih luas. Sehingga, berenang di kolam renang akan membuat anda merasa lebih leluasa dan rileks. Anda bisa dengan mudah memandang langit atau bentang alam yang ada. Sehingga, kemungkinan stress berlebih yang diakibatkan oleh terhalangnya pandangan bisa lebih diminimalisir.

Kolam Renang Outdoor Meningkatkan Nilai Bangunan

Meski tak setinggi kolam renang indoor, dengan adanya kolam renang outdor di kediaman anda juga akan meningkatkan nilai jual bangunan. Koalm renang, baik indoor maupun outdoor, masih dianggap fasilitas mewah yang masih sangat jarang dijumpai. Selain itu, biaya pembuatan kolam renang juga tak sedikit. Maka, tak heran jika suatu bangunan memiliki fasilitas kolam renang, maka nilai bangunan tersebut akan meningkat dengan drastis.

Kekurangan Kolam Renang Outdoor

elain memiliki banyak kelebihan, kolam renang luar ruangan juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membuat kolam renang jenis ini, ada baiknya jika anda mempertimbangkan faktor-faktor berikut.

Kolam Renang Outdoor Memiliki Gangguan Cuaca yang Lebih Besar

Karena letakknya yang berada di luar ruangan, maka kolam renang ini sangat bergantung pada faktor cuaca. Jika cuaca sangat panas pada siang hari sangat terik, maka berenang menjadi tidak nyaman meskipun kita telah menggunakan produk sun block. Terlebih, sinar matahari yang sangat terik terbukti tidak baik untuk kulit. Sebaliknya, saat cuaca hujan deras, anda juga tidak bisa berenang. Berenang dibawah guyuran hujan sangat tidak nyaman dan tidak aman. Sehingga, jika berenang pada kolam renang outdoor anda harus memilih cuaca yang mendukung.

Kolam Renang Outdoor Mudah Kotor

Selanjutnya, dibandingkan dengan kolam renang indoor, kolam renang outdoor lebih cepat kotor. Hal ini dikarenakan lokasi kolam renang yang berada di luar ruangan tanpa pelindung sehingga kotoran akan lebih mudah masuk ke dalam kolam. Kotoran-kotoran seperti debu, daun, plastik, dan kotoran lain akan sangat mudah masuk ke dalam kolam dan membuat kolam renang menjadi kotor. Kondisi kolam yang kotor ini dapat menjadi sarang bakteri atau kuman berkembang biak.

Kolam Renang Outoor Mudah Ditumbuhi Lumut

Kekurangan kolam renang outdoor yang selanjutnya adalah kolam renang jenis ini sangat mudah ditumbuhi lumut. Karena selalu disinari matahari secara terus-menerus, maka lumut akan lebih mudah tumbuh. Akan tetapi, pertumbuhan lumut ini dapat dicegah atau diatasi dengan melakukan perawatan kolam secara rutin.

Kolam Renang Outdoor membutuhkan Chemical yang Lebih Banyak

Pada kolam renang outdoor, chemical yang digunakan jumlahnya lebih banyak daripada yang digunakan di kolam renang indoor. Hal ini dikarenakan pada kolam renang jenis outdoor, sirkulasi udara yang lancar dan paparan sinar matahari lebih terik. Sehingga membuat chemical pada kolam akan lebih cepat menguap.

Demikianlah ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan kolam renang outdoor. Semoga ulasan tersebut bisa dijadikan pertimbangan dan referensi saat anda akan membuat kolam renang dengan model outdoor. Bagaimanapun, baik model indoor atau outdoor, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Sehingga anda perlu menyesuaikannya dengan kebtuhan anda. Semoga bermanfaat.

Edited by: Eko Prasetyo (22 November 2016)

2 Comments

  1. waldy waldy

    yth mas danang,
    mas kalau untuk maintenance kolam seukuran 7 x 18 m, umumnya dibutuhkan berapa banyak clhorin, PAC dan HCL?
    bisakan dilakukan seminggu sekali?
    terima kasih
    waldy

    • Eko Prasetyo Eko Prasetyo

      Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. Dan mohon maaf baru sempat membalas Mas Waldy.

      Untuk takaran chemical, terutama Chlorine bisa disesuaikan dengan kadar ukuran setelah dilakukan test pH dengan alat Testkit. Jika belum terbiasa melakukan perawatan, Anda bisa menambahkannya sedikit demi sedikit agar tidak terlalu tinggi nilai kadar akhirnya.

      Sedangkan untuk PAC dan HCL hanya digunakan saat kondisi air kolam renang rusak. Atau saat anda mengganti air kolam renang dengan air yang baru. Karena sebelum digunakan untuk berenang, air baru memerlukan treatment awal sebagai penyesuaian terhadap chemical.

      Untuk ritme perawatan, anda boleh saja melakukannya 1 kali perminggu. Namun akan lebih efektif jika perawatan dilakukan 2 kali per minggunya. Sehingga kadar chemical pada air kolam renang akan lebih terkontrol.

      Terimakasih,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.