Press "Enter" to skip to content

Tips Membuat Taman Kolam Renang

10 Tips Membuat Taman Kolam RenangSalah satu cara meningkatkan tampilan kolam renang anda adalah dengan membuat taman kolam renang disekitarnya. Dengan menghadirkan taman, maka kolam akan terlihat lebih natural dan indah.

Selain itu, tanaman yang ditanam di sekitar kolam juga akan membuat suasama kolam menjadi teduh sehingga mampu membuat anda merasa nyaman untuk berenang. Tetapi,  dalam pembuatannya anda perlu memperhatikan beberapa poin penting. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraian uraian mengenai tips membuat taman kolam renang yang baik.

Baca juga : Tips Maintenance Kolam Renang Setelah Treatment Awal

Tips Membuatan Taman Kolam Renang

Untuk membuat taman kolam renang, ada beberapa poin penting yang harus anda perhatikan seperti yang tercantum pada uraian dibawah ini.

Tentukan Tema Taman

Dalam membuat taman kolam renang, anda perlu memilih tema terlebih dahulu. Tema dari taman yang akan anda buat harus ditentukan terlabih dahulu karena tema ini akan menentukan jenis tanaman yang akan mengisi taman tersebut. Selain itu, pemilihan tema juga harus disesuaikan dengan luas area yang akan dibuat taman. Jika area tidak terlalu luas, maka pilihlah taman sederhana dan minimalis.

Tentukan Tempat Pembuatan Taman

Setelah mendapatkan tema, langkah selanjutnya dalam membuat taman kolam renang adalah menentukan tempat yang akan dibuat taman. Penentuan tempat untuk pembuatan taman kolam renang harus tepat. Karena jika tidak, bukannya memperindah tampilan kolam, tetapi kehadiran taman malah akan merusak tampilan kolam renang tersebut. Untuk itu, pilihlah sisi strategis dari kolam untuk dibuat taman, sehingga taman tak hanya memperindah kolam, tapi juga memiliki sisi fungsionalitas lainnya.

Pilihlah Tanaman yang Tepat untuk Taman Anda

Dalam membuat taman kolam renang, pilihan tanaman adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, usahakan untuk memilih tanaman yang tepat dan sesuai dengan tema. Selain itu, tanaman yang dipilih sebaiknya tanaman yang akarnya tidak dapat merusak konstruksi kolam renang. Dan juga, pilihlah pohon dengan daun yang besar dan tidak mudah gugur. Apabila anda memilih pohon dengan daun kecil dan mudah gugur, maka kolam renang akan mudah kotor karena dedaunan yang jatuh ke kolam.

Pilihlah Jenis Tanah yang tepat untuk Taman

Selanjutnya, penting bagi anda untuk mengenali jenis tanah. Dengan mengetahui tipe tanah, kita bisa menentukan tanaman yang akan kita tanam di taman tersebut. Karena tidak semua tanaman bisa hidup diberbagai macam tipe tanah. Selain itu, pilihlah jenis tanah yang solid, sehingga tidah mudah terbawa air dan masuk ke kolam renang.

Ketahui Arah Cahaya Matahari Agar Taman Tampil Lebih Sempurna

Tak lupa, untuk tampilan taman yang lebih sempurna, anda perlu memperhatikan arah matahari. Pastikan tempat yang dipilih terkena cahaya matahari yang cukup. Dengan cahaya yang cukup, maka tanaman yang anda tanam bisa tumbuh dengan subur.

Perkirakan Besarnya Anggaran untuk Membuat Taman

Dalam membuat taman kolam renang, anda perlu memperkirakan besarnya anggaran untuk proyek tersebut. Penentuan anggaran ini sebaiknya ditentukan sebelum proses pembuatan taman selesai. Jika anda sudah mengetahui estimasi biaya, maka anda bisa menyesuaikan komponen taman dengan anggaran yang ada.

Perhatikan Bagian Perkerasan pada Taman

Yang dimaksud dengan bagian perkerasan yaitu bagian yang memerlukan pengecoran seperti jalan setapak, bangku, hiasan batu, dan lain sebagainya. Bagian perkerasan ini sangatlah penting saat anda membuat taman kolam renang. Contohnya adalah jalan setapak. Dengan adanya bagian ini, anda bisa berjalan berjalan menyusuri taman tanpa menyentuh tanah. Sehingga, tanah tidak akan terbawa saat anda masuk ke kolam renang.

Tambahkan Pencahayaan Taman

Untuk menambah keindahan taman di mala hari, anda bisa menginstal pencahayaan pada taman. Untuk urusan ini, tentu lampu taman jadi pilihan utama. dalam measang lampu taman, sangat penting bagi anda untuk memfokuskan arah cahaya ke satu tanaman atau ke beberapa tanaman sehingga taman terlihat lebih dramatis di malam hari.

Dalam pemasangan lampu taman, anda juga harus mempertimbangkan instalasinya. Instalasi haruslah rapi dan usahakan kabel tidak terlihat sehingga mengurangi keindahan taman. Selain itu, peletakan lampu harus ditempat yang sesuai

Penambahan Furniture Taman

Terakhir, dalam membuat taman kolam renang, penting bagi anda untuk menambahkan furniture yang sesuai. Furniture yang bisa ditambahkan misalnya bangku taman, ayunan, kursi dengan meja dan payung, dan lain sebagainya. Penggunakan furniture ini dapat menambahkan keindahan taman sekaligus bisa digunakan untuk bersantai.

Demikianlah tips yang bisa diaplikasikan saat anda membuat taman kolam renang. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, taman kolam renang anda akan tampil lebih maksimal dengan fungsionalitas yang lebih. Semoga uraian diatas bermanfaat, dan bisa dijadikan panduan dalam membuat taman kolam renang di kediaman anda.

Edted by: Eko Prasetyo (22 November 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.