Cara Ampuh Mengatasi Air Kolam Renang Yang Berwarna Hijau

Air merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam kolam renang. Tanpa adanya air, kolam renang tentu tidak akan bisa digunakan untuk menunjang aktivitas berenang. Untuk itu, kita harus menjaga kondisi air agar selalu berada dalam kondisi yang maksimal. Inilah mengapa perawatan air dan kolam perlu rutin dilakukan. Tujuannya adalah supaya air tetap bersih dan jernih. Namun, meskipun sudah dilakukan perawatan, potensi bagi air untuk tercemar dan berubah warna menjadi hijau tetaplah ada. Lalu, bagaimana bila hal tersebut terjadi? Jangan khawatir, disini kami uraikan beberapa cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau.

Cara Mengatasi Air Kolam Yang Berwarna Hijau

Cara Ampuh Mengatasi Air Kolam Renang Yang Berwarna Hijau

Cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau yang pertama adalah dengan membersihkan kolam secara rutin. Pembersihan atau perawatan kolam renang akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kolam renang. Kolam yang rutin dibersihkan airnya akan selalu jernih dan bersih. Jika perawatan kolam tidak dilakukan dengan rutin, maka air kolam akan sangat kotor dan menjadi sarang berbagai macam kuman. Sehingga, kolam tersebut tidak akan ideal untuk berenang.

Kedua, dengan menanam pohon di sekitar kolam. Analogi dari cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau ini adalah sinar matahari yang menyinari kolam akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan alga. Semakin banyak sinar matahari, maka alga akan semakin tumbuh lebat. Oleh karena itu, mengurangi sinar matahari yang masuk dengan menanam pohon disekitar kolam dapat menghambat pertumbuhan alga. Akan tetapi, harus anda ingat bahwa dedaunan yang gugur ke dalam kolam juga dapat memicu pertumbuhan alga.

Ketiga mengganti sepertiga air kolam secara berkala. Cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau ini tidak banyak diketahui. Penggantian air berfungsi untuk mengurangi ekosistem dan pertumbuhan alga. Air yang diganti secara berkala juga menjaga kualitas air tersebut. Untuk itu, jika terlalu berat untuk mengganti seluruh air kolam, maka mengganti sepertiganya saja sudah cukup. Lakukan penggantian sepertiga air ini secara berkala seminggu sekali.

Cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau yang keempat adalah dengan menggunakan filter khusus kolam renang. Filter khusus untuk kolam renang dapat menyaring air dengan baik. Kotoran yang terdapat pada air kolam akan tersaring dengan baik, sehingga air yang dikeluarkan dalam kondisi bersih.

Baca juga 6 Penyebab Air Kolam Renang Berwarna Hijau disini

Kelima, merancang sistem filter dengan skema yang benar. Agar filter dapat menyaring air dengan baik harus dengan skema yang benar. Idealnya sistem filter kolam dapat menampung 30% – 40% volume air kolam utama. Dengan perancangan yang benar air kolam akan terjaga kebersihannya.

Cara Mengatasi Dengan Pemberian Chemical

Cara yang keenam yaitu dengan pemberian chemical untuk air kolam. Pemberian chemical ini juga perlu diperhatikan takarannya. Jika terlalu sedikit atau terlalu banyak justru membuat kondisi kolam bertambah buruk. Berikut adalah cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau dengan pemberian chemical.

Pertama, masukkan kaporit 60% kedalam saluran skimmer. Kaporit yang dimasukkan harus sesuai takaran dan kondisi kolam. Saat pemberian kaporit, usahakan saluran skimmer dan maindrain dalam keadaan terbuka.

Dan sebelum melakukan proses ini, pastikan bahwa mesin tetap posisi di nyalakan dan posisi handle multi valve di posisi resirkulasi.
Setelah kaporit sudah tercampur, kemudian masukkan trussi yang telah dicairkan. Setelah itu, masukkan PAC, soda ash, dan tawas ke dalam kolam renang. Jarak waktu yang dibutuhkan dalam pemberian chemical tersebut masing masing sekitar 10 menitan.

Jika obat sudah tercampur, nyalakan mesin selama kurang lebih 2 jam. Kemudian dimatikan dan lihat reaksi nya. Apabila sudah dalam keadaan mau mengendap matikan mesin untuk selanjutnya tinggal proses vacuum jika kotoran sudah terlihat mengendap sumua.

Jika air sudah jernih tambahkan granular 90% sesuai dengan takaran, dan nyalakan mesin selama 8 jam. Tujuannya supaya chlorine dapat mengikat air dan meatikan seluruh kuman-kuman. Dan juga, jangan lupa untuk mengecek kadar pH dan chlorine dalam air. Jika pH 7,2 – 7,6 ppm berarti air sudah ideal, sehingga air kolam renang sudah bersih dan jernih siap untuk digunakan.

Demikian uraian kami mengenai cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau. Semoga bermanfaat, dan dapat membentu dalam merawat kolam renang di kediaman anda. Dan apabila anda memiliki pertanyaan atau pendapat lain mengenai topic ini, kotak komentar dibawah selalu siap menerima segala aspirasi anda. Terimakasih.

Edited by: Eko.P_Dimulti (8 November 2016), admin (25 Januari 2019)

134 thoughts on “Cara Ampuh Mengatasi Air Kolam Renang Yang Berwarna Hijau”

  1. saya punya kolam airnya hujau sudah dikasih soda as tambah hijau lagi dikasih clorin makin hijau apa sulusinya biar air bisa jernih saya orang pemula nanganin kolam seperti ini

    1. Pak Aris,

      Terima kasih telah meninggalkan komentar.
      Solusinya di treatment besar seperti treatment awal dengan chemical yang lebih banyak, dengan sistem pengendapan.

      Chemicalnya ditambahkan Chlorine Powder, Soda As, PAC dan Terusi.

      Salam,
      Admin

        1. Selamat siang pak Maman
          Mohon maaf atas keterlambatan dalam kami menjawab pertanyaan bapak.
          Untuk hendel multivalve tetap diposisi filter. Namun jika bapak melakukan pengobatan dengan sistem pengendapan posisi handel di sirkulasi.

          Terimakasih.

    1. Dear pak Ahmad,

      Terima kasih telah meninggalkan komentar.
      Menurut tim kami bahwa Untuk pemula yang dilakukan adalah mengenali karakteristik air dengan cara perawatan langsung secara intensive minimal 2X per minggu

      Salam,
      Admin

    1. Untuk kolam yang berwarna hijau, ibu bisa mengatasinya dengan sistem pengendapan. Chemical yang dibutuhkan adalah kaporit bubuk, soda ash, dan PAC. Ketiga jenis chemical tersebut dimasukkan ke kolam dengan kondisi sirkulasi berjalan. Biarkan selama 6 jam. Setelah itu, matikan sirkulasi dan tunggu kotoran mengendap di lantai kolam. Setelah semua kotoran mengendap, lakukan vakum buang.

    1. Untuk mengatasi air kolam yang berwarna hijau, silahkan bapak menggunakan sistem pengendapan.

      Chemical yang dibutuhkan: kaporit bubuk, soda ash, dan PAC dengan perbandingan 1:3:2. Untuk ukuran kolam 4 x 10 x 1.5 m, kaporit bubuk yang dibutuhkan 1 kilo, PAC 2 kilo, dan soda ash 3 kilo.

      Ketiga jenis chemical tersebut dimasukkan ke kolam dengan kondisi sirkulasi berjalan. Diamkan selama 6 jam, kemudian matikan sirkulasi. Tunggu hingga kotoran mengendap di lantai kolam sepenuhnya. Setelah semua mengendap, lakukan vakum buang. Semoga membantu.

      1. Kalau seandainya campuran obat yg sy taburkan k kolam
        1 PAC secukupnya
        2 kaporit sckpnya
        Tp tetap aja kolam cuman bening 5/6 hari solusinya gimana cara campuran yg sempurna mohon penjelasan nya pak,,

    1. Terimakasih pertanyaannya Pak.

      Kami asumsikan dengan untuk ukuran kolam 4 x 10 x 1.5 m. Jika ukuran kolam bapak lebih besar atau lebih kecil, bapak bisa menyesuaikan dosis chemical sesuai dengan perbandingan ukuran kolam.

      Untuk granular, bisa diberikan 3 hari sekali. Pemberiannya dengan cara dimasukkan ke dalam air kolam sebanyak 1/4 kilo untuk kondisi air yang bagus. Jika ada penambahan air, dosis bisa ditambahkan sesuai dengan volume air yang ditambahkan.

      Kemudian, dua minggu sekali bisa ditambahkan soda ash sebanyak 1/2 kilo. Atau jika bapak menginginkan kadar PH tertentu, bapak bisa melakukan tes PH dengan teskit. Lakukan penambahan soda ash hingga PH mencapai kadar yang ideal.

      Kemudian, 3 minggu sekali bisa diberi trusi sebanyak 1/4 kilo untuk mencegah lumut tumbuh pada dinding dan lantai kolam.

      Selain penambahan chemical tersebut, perlu juga dilakukan vakum dan backwash sebanyak 2 kali seminggu. Selain itu, lakukan sirkulasi harian yang cukup (idealnya 6 jam dalam sehari). Dengan begitu air kolam akan tetap bening.

  2. Min.. Kolam renang saya gk mau bening kenapa yah..
    Udah rutin vacum 2x seminggu
    Obat kaporit seminggu sekali.
    Di tambah obat yg biru tambah ijo
    Di tambah soda ash tambah ijo juga
    Ditambah trawas ga mengendap kotorannya. Biasanya di kasih trawas 5kg langsung mengendap tapi sekarang gk mempan. Tolong solusinya min.
    Thx

    1. Untuk masalah ini, bapak bisa menggunakan HCL. Dengan kondisi sirkulasi berjalan, tuang HCL sedikit demi sedikit sambil menunggu reaksi atau perubahan pada air. Bapak bisa sesuaikan dosisi HCL dengan kondisi air kolam. Maksimal penggunaan HCL adalah 5 liter untuk ukuran kolam dengan kubikasi air antara 60-80 meter kubik.

  3. Maaf admin bagi solusinya air kolam saya berwarna kuning kemerahan…
    Awalnya saya masukkan air sumur yg di campur PAC terus air kolam jadi begitu..
    trims sblumnya…

    1. Dengan kondisi air yang kuning kemerahan, bapak/ibu bisa menggunakan tawas dan ditambah soda ash. Kemudian sirkulasi dihidupkan selama 12 jam. Setelah sirkulasi dimatikan, keesokan harinya akan terjadi endapan di dasar kolam. Setelah semua kotoran mengendap seluruhnya, silahkan melakukan vakum buang.

    2. Suhu. Kolam saya biru berkabut. Pas d tambah grano 90% . Air ya menjadi hijau berkabut.
      Gimana cara menjernihkan y…?

      1. Hallo Abah Iqy, terimaksih telah meninggalkan komentar.
        Kami akan membantu menjawab pertanyaan tersebut.
        untuk jawaban dari pertanyaan “Abah Iqy” kotoran yang tidak mau mengendap saat diberikan menurut analisa kami hal tersebut dikarenakan kurangnya pemberian chemical Soda Ash dan PAC. Mengenai air kolam renang berubah warna setelah diberikan chemical granular, kemungkinan terlalu banyaknya penambahan air setelah dilakukan treatment dan kandungan zat besi air yang cukup tinggi. Untuk solusinya gunakan chemical Hcl sesuai dengan kubikasi air yang ada, selanjutnya berikan chemical soda ash secara bertahap. Dilanjutkan dengan pemberian granular 90%. Kontrol penambahan air agar tidak langsung dengan volume banyak karena Air dengan kadar zat besi tinggi sangat sensitif terhadap chlorin.

        Semoga dapat membantu. Mohon maaf bila terdapat salah kata karena kami menganalisa kondisi kolam renang melalui pertanyaan. Bukan melihat langsung. Terimakasih

  4. Hi min kolam saya. Awalnya kena air hujan berwarna hitam. saya kasih soda. jadi putih g mau bening. Kasih abat apa ya?Makasih atas jawaban nya

    1. Terimakasih sudah meninggalkan komentar di Blog kami pak Riyan,

      Untuk kasus Bapak, kami berasumsi bahwa kadar Chlorine pada kolam renang terlalu rendah, atau bahkan tidah ada Chlorine sama sekali. Sehingga, saat terjadi penambahan air, baik itu berasal dari hujan atau kran, air kolam mudah berubah warna menjadi hijau, kekuningan, atau bahkan hitam. Untuk itu, pada perawatan harian, pastikan kadar klorin selalu stabil. Untuk mengeceknya, bapak bisa menggunakan Test Kit.

      Sedangkan untuk chemical, yang perlu ditambahkan adalah kaporit/Chlorin powder, soda ash, trusi, dan PAC dengan perbandingan 2:2:1:1. Untuk kolam dengan ukuran 100 m3, diperlukan kaporit sebanyak 4 kilogram, Soda Ash 4 kilogram, trusi 2 kg, dan PAC 2 kg. Perlu diperhatikan bahwa saat pemberian chemical, kondisi mesin harus menyala. Tambahkan Chlorine Powder terlebih dahulu, kemudian Soda Ash, Trusi, dan terakhir PAC. Jarak pemberian masing masing chemical adalah 15 menit. Maka, air kolam renang Bapak akan jernih kembali.

      Salam

  5. Selamat pagi admin,. Mohon advice untuk me garansi air kolam warna hijau,. Kolam dengan ukuran 25x50x2,20,. Minggu kemarin baru di lakukan proses penjernihan air hasilnya bagus. Minggu ini air kembali berwarna hijau,. Bagaimana cara mempertahankan air tetap jernih,. Langkah2 seperti apa yg harus saya lakukan?
    Terima kasih

    1. Terimakasih memberi komentar di Blog kami pak Pak/Bu Linggar,

      Agar air kolam selalu jernih dan tidak berwarna hijau, pastikan kadar klorin dalam air ideal. Untuk mengeceknya, bapak/ibu bisa menggunakan Test Kit.

      Jika air sudah berwarna hijau,Bapak/Ibu bisa menambahkan beberapa chemical pada saay perawatan harian. Chemical yang perlu ditambahkan adalah kaporit/Chlorin powder, soda ash, trusi, dan PAC dengan perbandingan 2:2:1:1. Untuk kolam dengan ukuran 100 m3, diperlukan kaporit sebanyak 4 kilogram, Soda Ash 4 kilogram, trusi 2 kg, dan PAC 2 kg.

      Perlu diperhatikan bahwa saat pemberian chemical, kondisi mesin harus menyala. Tambahkan Chlorine Powder terlebih dahulu, kemudian Soda Ash, Trusi, dan terakhir PAC. Jarak pemberian masing masing chemical adalah 15 menit. Maka, air kolam renang Bapak akan jernih kembali. Semoga bermanfaat.

      Salam

    1. Terimakasih telah berkunjung,

      Jika lokasi bapak di Jakarta, bapak bisa membeli di kantor kami. Silahkan hubungi nomor +62 21 84305011. Selain itu, trussi bisa dibeli di toko bahan-bahan kimia.

  6. Kolam saya panjangnya 20 meter tingginya 5meter kedalaman cuma 50cm, kemarin kolam jernih setelah sirkulasinya ga bagus jadi keruh mas, terus yg saya lakuin saya tambahin kaporit tablet sebanyak 20 , sekarang kolam saya menjadi keruh keputihan gimana ya mas caranya supaya kembali bening kembali?

    1. Terimakasih sudah comment di blog kami Pak,

      Untuk emngatasi air yang putih/berkabut, pertama bapak pastikan sirkulasinya sudah baik. Jika sudah, bisa ditambahkan HCL sedikit demi sedikit.

      Terimakasih.

  7. Kolam sy kira2 ukuran 3x7x1,4 m… air warna agak hijau… untuk mnjernihkan sm biar biru d kasih apa aja dan butuh brapa kg ya? Trimksh

    1. Terimakasih telah berkunjung Pak Syahrul,

      Agar kolam lebih biru, bapak bisa menambahkan Trussi. Untuk dosis, idealnya ditambahkan 2 Kg Trussi untuk volume kolam 100 m3.

      Terimakasih.

  8. Met pagi admin, sy ad kendala kolam baru diisi air sumur ( uk 4 x 10 x 1,5 ) sudah dimasukin granular 2 kg + soda ash 1kg + pac 1 kg. Tp air kolam tetap hijau, solusinya bagaimana pak admin mohon infonya trimakasih.

    1. Pagi Pak Keling, terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.

      Air yang masih hijau pada kolam bapak bisa diakibatkan oleh kadar Klorin yang masih rendah. Solusinya adalah dengan menambahkan chemical sebagai berikut: kaporit/Chlorin powder, soda ash, trusi, dan PAC (perlu menambahkan trusi juga). Perbandingan adalah 2:2:1:1. Untuk kolam dengan ukuran 100 m3, diperlukan kaporit sebanyak 4 kilogram, Soda Ash 4 kilogram, trusi 2 kg, dan PAC 2 kg.

      Mohon diperhatikan saat pemberian chemical, kondisi mesin harus menyala. Tambahkan Chlorine Powder terlebih dahulu, kemudian Soda Ash, Trusi, dan terakhir PAC. Jarak pemberian masing masing chemical adalah 15 menit. Maka, air kolam renang Bapak akan jernih kembali.

      1. Kalau pac sama tawas di campur soda as apa jadinya ntar kyk cendol pak.dah pernah saay alami tawas sama soda as jdnya putih….saya minta solusiii dah 3x tawas 1 x pac..

    1. Terimakasih telah berkunjung Pak,

      Jika kadar Chlorine terlalu tinggi, Bapak bisa tambahkan HCL sedikit demi sedikiy. Gunakan test kit untuk mengukur apakah kadar Chlorine sudah ideal atau belum.

      Terimakasih.

  9. Saya kemarin sudah melakukan treatment untuk kolam renang di rumah saya sesuai dengan petunjuk agan eko,, awal nya kolam saya berwarna hijau dan setelah saya treatment pemberian chemical sesuai dari info agan eko,, kolam saya sekarang sudah berubah jadi warna biru tapi kotoran dari bahan chemical nya tidak semua mengendap di dasar kolam.. kenapa ya??

    1. Terimakasih sudah meninggalkan komentar Pak Lukas.

      Hal tersebut bisa disebabkan oleh tidak tepatnya waktu saat melaksanakan vacuum buang. Untuk hasil terbaik, lakukan vacuum buang di pagi hari. Hal ini dikarenakan pada pagi hari, kotoran cenderung mengendap di lantai kolam. Semakin siang, kotoran akan semakin naik dan mengambang di bagian atas atau bahkan permukaan air dikarenakan oleh sinar matahari. Jika Bapak melakukan vacuum buang pada saat matahari sudah terik, otomatis kotoran tidak terbuang sepenuhnya. Untuk itu, lakukan vacuum buang pada pagi hari sebelum matahari terlalu terik.

      Semoga bermanfaat.

    1. Terimakasih telah berkunjung Pak Fajar.

      Untuk inlet yang mengeluarkan air kotor, bisa disebabkan oleh beberapa hal:
      1. Kolam terlalu kotor sehingga filter tidak mampu menahan kotoran yang terlalu banyak. Solusi: membersihkan kolam secara teratur atau menambah kapasitas filter.
      2. Lateral filter rusak. Solusi: perbaiki lateral filter.
      3. Seal multivalve rusak atau tidak berfungsi dengan maksimal. Solusi: memperbaiki seal multivalve.
      4. Media filter sudah mengeras, sehingga tidak berfungsi dengan maksimal. Solusi: mengganti medi filter.

      Semoga bermanfaat.

        1. Selamat siang pak Agus.
          Terimakasih telah meninggalkan komentar.
          Untuk media filter sebaiknya diganti per 10 tahun. Dengan catatan dalam jangka waktu tersebut filter dilakukan perawatan.
          Terimakasih.

  10. Mohon bantuannya mas kolam renang dalamnya 1,2 meter lebar 7 panjang 12 berapa banyak kaporit sama soda as dikasih terima kasih

    1. Selamat sore Pak Addy.

      Trimakasih telah meninggalkan komentar, mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan Bapak.
      Untuk proses pemberian chemical seperti kaporit dan soda as. Bapak gunakan patokan teskit, agar mendapatkan takaran yang ideal untuk air kolam Bapak.
      Sebagai langkah awal bisa diberikan 1 kg kaporit dan 1 kg soda as. Selanjutnya lakukan pengetesan dengan teskit, jika kadar kaporitnya kurang bapak dapat menambahkan lagi sampai pengetesan dengan teskit menunjukan ideal. Demikian semoga bermanfaat.

      Trimakasih.

    2. Selamat sore pak addy,

      untuk proses pemberian chemical kaporit dan soda ash.
      Bpk gunakan patokan test kit, agar mendapatkan takaran yang ideal untuk kolam renang yang bermasalah, sebagai langkah awal bapak bisa berikan 1 Kg kaporit dan 1 Kg soda ash dan selanjutnya lakukan pengecekan air kolam dengan test kit.

      Terimakasih.

    1. Selamat sore bapak yudie

      ada banyak faktor yang menyebabkan air kolam cepat berubah hijau.
      1, durasi sirkulasi kolam renang yang kurang panjang.
      2, adanya penambahan air yang signifikan sehingga kandungan chemical yang
      berada di kolam renang berkurang.
      3, sistem filterisasi nya sudah tidak bekerja maksimal.

      solusinya :
      1, Tambah durasi sirkulasi kolam renang.
      2, tambahkan lagi chemical setelah penambahan air, agar kandungan chemical
      tetap pada kandungan ideal nya.
      3, lakukan segera perbaikan/penggantian komponen yang sudah tidak bekerja
      maksimal.

      Terimakasih

  11. Mz mau nanyak nih kemaren kolam saya airnya hijau udah saya traidmen dah dah kembali normal tp posisi air masih berkabut belum jernih sekali utk PH udah normal tp setiap pagi endapan tebal utk ukuran kolam 21X50 utk kedalaman pinggir2 120 untuk yg di tengah 220 gimna nih mz utk mengatasinya

    1. Selamat sore ibu Devi,

      setelah melakukan treatment memang ada endapan yang tersisa setelah divacuum buang, maka dari itu lakukan vacuum endapan sebanyak 2 – 3 kali.

      Terimakasih

  12. Minta solusii dengan kawan yang sdah mendalami kolam renang soalnya dah 3 x tawas 1 x pac hasilnya 0 msh tetep hijau apa kendalanya

    1. Selamat sore bapak Agung,

      coba lakukan treatment dengan penambahan 2 kali lipat komposisi chemical yang telah bapak terapkan.

      Terimakasih.

  13. pak saya hubs treatmen Kolam sy pake system pengendpan, tp ko skrng airnya jd abu2 warnaya itu knp y pak? mhon bantuanya Pak. mksh

    1. Selamat sore Onang,

      Hal tersebut bisa terjadi disebabkan kadar klorin terlalu tinggi, solusi untuk masalah tersebut, bapak bisa menggunakan HCL dan tambahkan durasi sirkulasi.

      Terimakasih.

  14. Selamat sore ibu Devi,

    setelah melakukan treatment memang ada endapan yang tersisa setelah divacuum buang, maka dari itu lakukan vacuum endapan sebanyak 2 – 3 kali.

    Terimakasih

  15. Pak admin mohon pencerahannya, semua obat itu di gunakan berbarengan atau ada jarak waktunya ga pak?trus kalo trusi caranya di larutkan apa lsng di tabur ya?kolam sy biru keruh setelah di kasih klorin,soda ash,PAC 1:2:2.cara menjernihkannya gimana ya pak?terima kasih

    1. Selamat pagi Pak Gatot

      Untuk proses pengendapan atau treatment awal, ada jeda waktu untuk pemberian chemical, jaraknya antara 15 menit Samapi 20 menit.

      Untuk trusi larutkan dulu diember dan air larutannya saja yang dituang ke kolam.

      Setelah pemberian kaporit, soda as, PAC, sirkulasi 6-12 jam, lalu mesin matikan dan tunggu kotoran mengendap kelantai kolam ,setelah semuanya mengendap lakukan Vacum buang.

      Demikian semoga dapat membantu.

      Trimakasih.

    1. Saya mau tanya pa,kalo air kolam habis dipakai renang warnyanya keruh kepututihan,ga keruh bgt si.
      Itu biar oagi nya bisa bening seperti semua bagaimana ?

  16. Pak jika kolam renang berwarna hijau u/ bening kembali harus bagaimana??
    tapi tidak mw memakai kaporit soda ash dll..
    Apakah harus penggantian air semua’y / gmn..

    1. Selamat siang Bintang.

      Jika tidak menggunakan chemical, dapat dicobo dengan memperpajang waktu sirkulasi. agar air kolam keseluruhan melalui proses filterisasi.

      Trimakasih.

    1. Selamat siang Pak Rhino.

      Trimakasih telah meninggalkan komentar.
      Jika sudah dilakukan proses pengendapan namun kondisi air tidak mau ngendap dan air tidak mau bening,
      Pak dapat melakukan proses pengendapan lagi dengan takaran menjadi 2 X lipat dari takaran semula untuk soda as dan PAC nya.

      Semoga bermanfaat.

      Trimakasih.

  17. mau tanya pak.. saya ada membuat kolam renang anak ukuran 6x6m dalam 1 meter. kebetulan bukan memakai mesin tetapi ada mata air dibawahnya tetapi setelah saya buat airnya tidak terlalu jernih dan agak kehijauan setelah saya cor. bagaimana cara membuat airnya jernih? kalau memakai soda ash dan tawas tetapi tidak memakai mesin apakah bisa? cukup kita mengaduk2 airnya saja setelah di campur soda ash dan tawas? mohon bimbingannya. terima kasih sebelumnya

  18. Terimakasih bapak joko sudah meninggalkan komentar. Pengobatan seperti yang bapak sebutkan bisa membuat air jernih tinggal tambahkan PAC. Pemberian chemical tersebut akan menghasilkan endapan pada dasar kolam renang. Dengan tidak adanya instilasi mesin maka bapak akan kesulitan membersihkan endapan tersebut. Saran kami pasanglah instilasi vaccum,main drain dan inlet. Agar nantinya pembersihan mudah dilakukan dengan tidak membuang air. Pengobatan tidak menggunakan sirkulasi, kejernihan air hanya akan bersifat sementara saja. Semoga dapat membantu, Terimakasih.

  19. maaf pak mau tanya,kolam renang tempat saya bekerja berwarna hijau.terus kemarin saya treatment seperti biasanya dgn penggunaan chemichal 3kg kaporit,3kg soda abu dan 3kg PAC tapi kok tidak bisa mengendap kotorannya,pdhl dgn komposisi obat seperti itu biasanya berhasil (mengendapkan kotoran,di vaccum buang dan jernih)..ukuran kolam lebar 5m panjang 20m dan kedalaman 1,5m..mohon bantuannya,Terima kasih

    1. Terimakasih bapak iwan telah berkenan meninggalkan komentar. Utuk masalah yang bapak alami silahkan melakukan treatment ulang,dengan menggunakan tawas/hcl terlebih dahulu. Dilnjutkan chemical yang seperti bapak sebutkan. Fungsi tawas adalah membantu memaksimalkan pengendapan ketika di berikan PAC. Sirkulai di malam hari dan vaccum kembali pada pagi hari. Semoga dapat membantu, terimakasih.

    1. Terimakasih berkunjung ke blog kami. Air kolam renang yang menguning, kemungkinan besar akibat terlalu tingginya kadar clorin pada kolam renang tersebut. Berikan HCL untuk menurunkan kadar clorin, menggunakan kaporit bubuk 60% mengurangi resiko air menguning kembali. Dilanjutkan soda as dan pac bila memang ingin melakukan teratment ulang. Terimakasih

  20. Salam kenal pak,,, maaf mau tanya..
    Sya pnya kolam ukuran 10x20x1,5. Biasa’a sya treatment pke kaporit sma pac setiap 3 hari sekali pas malem hari dan pagi’a kotoran sdh ngendap dan siap d’sedot.
    2 hr yg lalu sya treatment pke kaporit dlu trus 3 jam kemudian bru pac… Bsok pagi’a air kolam jd hijau kekuningan tdk ada endapan’a…
    Malem’a sya tambahin lg kaporit dan pac tp pagi’a air tdk berubah warna tetap hijau kekuningan dan tdk ada endapan…
    Mohon solusi’a…
    Trims

    1. Selamat siang Bapak Revni.
      Salam kenal juga, menganalisa seperti yang bapak sampaikan, kalau kondisi air kolam renang berwarna hijau kekuningan, bisa jadi kadar pH rendah dan chlorine tinggi.
      Untuk treatment tambahkan soda ash agar kadar pH bertambah.dan tambahkan juga takaran PAC dari biasanya. Untuk kaporit tidak perlu ditambah karena air sudah berwarna kekuningan.

      Demikian semoga dapat membantu.

      Trimakasih.

    1. Selamat Pagi Bapak/Ibu Kholinda

      Untuk chemical trussi biasanya berbentuk seperti kristal berwarna biru muda, mungkin yang bapak maksud tepung berwarna kuning itu adalah PAC.

      Terima kasih.

  21. mohon pencerahannya lg pak,setelah proses treatment air kolam renang saya berubah kuning kehijauan n berkabut,kemudian saya kasih hcl air mulai agak bening tapi masih hijau berkabut kemudian saya kasih 2 kg kaporit 60 persen air menjadi bening tapi masih hijau kebiru biruan..mohon pencerahannya untuk menjernihkan air kolam renang yang jernih tapi berwarna hijau kebiru biruan..terima kasih

    1. Selamat pagi Pak Iwan

      Setelah melakukan proses treatment dan kondisi air sudah mulai membaik,seperti yang Bapak sampaikan.
      Tambahkan sirkulasi yang lebih lama dari biasanya
      Trimakasih .

  22. Mohon pencerahan nya pak
    Kolam renag saya berwarna hijau sudah berapa × pakai obat tapi tetap saja udah hampir 1 minggu lebih ukuran kolam renag 6×15×1.5

  23. Selamat pagi Pak Panji
    Trimakasih telah meninggalkan komentar.
    Untuk mengatasi air kolam berwarna hijau, Bapak bisa melakukan pengobatan dengan sistem pengendapan. Chemical yang digunakan kaporit bubuk,soda ash, PAC, untuk takaran bapak bisa sesuaikan dengan kondisi kerusakan air.
    Demikian semoga dapat membantu.

    Trimakasih.

  24. Bapak saya Mau Tanya saya punya kolam Renang ukuran 7kali 10 kedalaman 120m kenapa airnya hijau sdh dikasih soda ash memang jernih tp masih kehijauan airnya BLM sampai 2 hari hijau lg mohon sarannya terimakasih

    1. Selamat pagi Pak Muhamad
      Sebelumnya kami ucapkan trimakasih karena telah meninggalkan komentar.
      Keluhan yang seperti Bapak sampaikan itu dikarenakan kandungan kadar Chlorine dan pH tidak seimbang atau pun tidak ideal.
      Untuk mengatasi hal tersebut Bapak bisa lakukan treatment dengan sistem pengendapan, chemical yang digunakan : kaporit bubuk, soda ash, PAC dan bisa ditambahkan trussi.
      Jika kotoran dan chemical keseluruhan sudah mengendap di dasar kolam, Bapak lakukan vacuum dengan sistem vacuum buang.

      Semoga dapat membantu.

      Trimakasih.

  25. Malam pak saya minta saran cara mengatasi binatang kecil2 kayak jentik tapi bersayap banyak sekali masuk dikolam saya jadi kewalahan menjaringnya, apa namanya dan apa obatnya biar dak masuk kolam saya. Trims.

    1. Selamat sore Pak Gusti.

      Trimakasih telah meninggalkan komentar, kalau nama pastinya binatang itu kami tidak tahu,Binatang itu muncul biasanya dimusim hujan seperti ini. Untuk mengatasi Binatang itu Bapak tambahkan kaporit kedalam kolam.

      Trimakasih semoga dapat membantu.

  26. Selamat malam..mhn ilmunya..
    Permasalahan : air cepat sekali hijau..2 hari sudah langsung hijau..
    Treatment kami :
    1. Vacum :
    sore :kaporit serbuk 60 persen 2 kg, pac 1 kg, sitkulasi 4 jam, pagi vacum
    2. Perawatan harian :
    Siang : sitkulasi 8 jam
    Sore : granular tiap sore plus dlm kolam 2 tablet kaporit

    Dulu bagus pak..sekarang baru 1.5 hari sudah hijau…apa yg harus sy lakukan…

    1. klorin tablet 600 gr utk 45 kubik sirkulasi 2 hari, besok soda ash 3 kg sehari, besok petang pac 2 kg matikan pompa, besok pagi vakum, air anda akan bening normal

      1. Selamat sore Pak Gani
        Trimakasih telah meninggalkan komentar.
        Untuk waktu sirkulasi terlalu lama dan jeda waktu pemberian chemical juga terlalu lama.

        Trimakasih.

  27. Selamat sore Pak Bowo.

    Trimakasih telah meninggalkan komentar.
    Bapak cek kadar pH airnya.
    Jika kadar pH rendah, lakukan. Treatment dengan menambah kan soda as.

    Semoga dapat membantu.

    Trimakasih.

  28. Selamat sore pak.kolam setelsh tritmen bening tapi setelah penambahan air warna berubah jadi hijau lagi trus saya tambah caporit 1/5 kg masih saya tuk ukran kolam 5×10 x1,3 bahan obat apa yg perlu di tambah supaya air jadi biru bening dan tahan lama

  29. siang pak saya minta saran,berapa penambahan bahan kimia seperti tawas, kaporit 60%, soda ash, PAC, trusi kedalam kolam renang dengan kapasitas 93,6 Meter kubik saat pengisian air pertama kali di kolam renang dan bagaimana perawatan selanjutnya. trima kasih

  30. Selamat pagi pak Kornelis Jo.

    Trimakasih sebelumnya karena telah meninggalkan komentar.
    Dengan kubikasi air yang Bapak sebutkan.
    Untuk treatment awal bapak gunakan takaran chemical sebagai berikut:
    1. Chlorine bubuk 60% 2 kg.
    2. Soda ash 5 kg.
    3. PAC 3kg.
    Dan untuk perawatan selanjutnya Bapak dapat tambahkan chlorine 3hari sekali , untuk takaran sesuaikan dengan cadar chlorine yang ada di air kolam.
    Untuk mengetahui kadarnya tes menggunakan teskit air kolam renang.
    Lakukan penambahan sedikit- sedikit sampai kadar dikisaran ideal.

    Semoga dapat membantu trimakasih.

  31. Met siang pak kornelis jo,mahon ilmunya,gimana trekmen pemulihan air dalam waktu 6 jam jernih,mohon bantuanya,terima kasih.

    1. Selamat sore

      Pak Anddy

      Untuk treatment awal, yang paling cepat dengan sistem pengendapan.
      Untuk chemical yang digunakan kaporit, soda ash, PAC , trussi.
      Terimakasih.

  32. Maaf sebelumya saya ada kolam renang selalu ada kerak putih.cara pembersihanya pake apa ya.chemical haruan saya cuman granuler.sama tablet saja.mohon di acc admin

    1. Selamat sore

      Pak Umam
      Terimakasih karena telah meninggalkan komentar.mohon maaf pak, untuk kerak putih berada dimana?, Untuk chemical kami tidak ada.
      Trimakasih

    1. Selamat siang Pak Made.

      Terimakasih sebelumnya atas komentarnya.
      Untuk air kolam renang yang airnya sudah hijau, sebaiknya dilakukan treatment atau pengobatan dengan sistem pengendapan.

      1. Kemaren saya pakai kaporit 1kg,soda ash 2 kg,pac 1kg, hasilnya ada yang ngambang dan ada yang mengendap bang,kalau yang mengambang itu solusinya gimana bang?

        1. Untuk yang mengendap bisa divacum pak, dan yang mengapung biasanya akan mesusul mengendap di lantai kolam setelah mesin sirkulasi dimatikan.

  33. Mohon maaf min sya mau tanya kena air kolam sya hijau padahal clorin dan ph nya sudah ideal tpi knpa hijau ya min minta solusi nya dong terimakasih

    1. Selamat siang Pak Asep.

      Terimakasih kasih atas komentarnya.
      Terkadang air koalm tidak mau bening di posisi pH sama chlorine ideal.
      Solusinya tambahkan chlorine dan juga soda ash.

      Terimakasih, semoga dapat membantu.

  34. Min kalau kolam saya agak keruh. Tetapi warna.y gk berubah tetap biru. Apakah harus diksi kaporit juga? Atau hanya obat tertentu sja?

  35. Selamat sore Pak Ardiyanto.

    Terimakasih telah meninggalkan komentar.
    Betul pak, untuk mengatasi air kolam berkabut tambahkan kaporit.
    Air kolam berkabut bisa disebabkan karena kurangnya kaporit dan tingginya kadar pH. Untuk menurunkan kadar pH bapak dapat mengunakan hcl .
    Demikian semoga dapat membantu.

    Terimakasih.

  36. maap boleh saya tanya .. kolam renang saya seminggu sekali saya tabur kaporit setelah itu besok nya baru saya vakum dan di beri biru untuk air tetapi besoknya malah jadi hijau dan dasar pun tidak terlihat sepeti sungai mohon solusi nya min

    1. Air kolam menjadi keruh dengan warna kekuningan. Bisa disebabkan karena,
      1. Setalah dilakukan pengobatan mesin sirkulasi dimatikan.
      2. Kelebihan takaran pemberian kaporit.
      Jika kondisi air sudah keruh seperti yang bapak sampaikan, sebaiknya dilakukan treatment.
      Demikian semoga dapat membantu.

      Terimakasih.

    2. Selamat sore bapak indra. Perlu bapak ketahui pembiruu/trussy fungsi pokoknya memberikan efek air menjadi kebiruan. Untuk kolam renang bapak menjadi kehijauan. Perkiraan kami karena kurangnya clorin/kaporit. Berikan chemical 2× dalam 1 minggu setelah vaccum kolam renang. Tambahkan terusi satu gengam. Gunakan kaporit tablet untuk men stabilkan kadar clorin bilamana terjadi penambahan air. Terimakasih

  37. kolam saya baru saya isi pakai air pam, pertanyaanya ?
    apakah saya tetap pakai chemical atau cukup pakai filter utk mendapatkan air jernih dan bagus ?, dan berapa jam dlm satu hari filter air dihidupkan ? bolehkah klu dihidupkan setiap dua jam sekali ? terimakasih.

    1. Selamat sore pak Marsidi.
      Untuk mendapatkan kejernihan air kolam, harus memakai chemical.
      Dan untuk air baru sebaiknya dilakukan pengendapan terlebih dahulu.
      Mengenai sirkulasi lebih baik dilakukan dalam satu waktu, jangan terputus-putus . Sirkulasi minimal 6 jam untuk kubikasi air 40 kubik.
      Terimakasih semoga dapat membantu.

    1. Selamat sore Pak Tata.
      Terimakasih sebelumnya telah meninggalkan komentar.
      Jika bapak mempergunakan kaporit bubuk. Sebaiknya diaduk dalam ember terlebih dahulu dan tunggu serbuk dari kaporit mengendap lalu baru airnya dituang ke kolam, lalu isi air lagi dan tunggu mengendap lagi. Begitu lakukan hingga 4 kali.
      Tp jika air berwarna kuning dapat disebabkan karena dosis pemberian obat terlalu banyak, atau kadar pH terlalu rendah.
      Demikian semoga dapat membantu.
      Terimakasih.

  38. pak admin aku mau tanya aku udah masukkan semical kaporit soda as sama pac tapi kenapa kok malah ngambang bukannya ngendap salahnya di mana ya trm ksh

    1. Selamat siang pak Ulil Amri.
      Jika Bapak melakukan pengobatan pengendapan, terus kotoran mengambang itu dikarenakan takaran chemical kurang pas.
      Bapak bisa lakukan pengobatan lagi dengan dosis yang lebih banyak dari yang Bapak berikan kemarin.
      Jika nanti tidak mau mengendap dengan maksimal , Bapak tambahkan HCL agar membantu menurunkan kotoran ke lantai kolam.
      Semoga dapat membantu .
      Terimakasih.

    1. Selamat pagi Pak Ulil.
      Untuk pengendapan dengan ukuran kolam yang Bapak sebutkan . Gunakan takaran sebagai berikut:
      Kaporit bubuk 3 kg.
      Soda ash 8 kg.
      PAC 3 kg.
      Trussi 0,5 kg.
      Demikian pak untuk takarannya.
      Semoga dapat membantu.
      Terimakasih.

  39. Kalau di daerah seputar semarang , apakah memungkinkan kami diberi pelatihan atau dipraktekkan ditempat kolam renang kami sehingga bs lbh gampang dan langsung tau hasilnya ?

  40. Selamat pagi Gunarto.
    Terimakasih telah meninggalkan komentar.
    Mohon maaf untuk saat ini kami belum bisa memberikan pelatihan di luar kota khususnya di bagian treatment air .
    Terimakasih

  41. Selamat siang Bapak/Ibu Admin,
    Mohon petunjuk untuk kolam renang saya. ukuran 8m x 35m x 1,5m . Yang terjadi di kolam renang saya adalah : air berwarna hijau keruh, sudah kami coba treatment dgn Soda Ash & PAC namun tidak terjadi endapan di pagi harinya. Siang harinya kami coba dengan HCL 45 liter dengan melakukan sirkulasi. Air tetap tidak berubah, tetap hijau. kami coba masukkan HCL sebanyak 90 liter, hasilnya air agak berkurang hijaunya, dasar kolam mulai terlihat. Lalu petunjuk dari rekanan kami malam harinya untuk memasukkan untuk memasukkan chlorine 4 kg, PAC 6 kg & Soda Ash 15 kg. Pada pagi harinya kami lihat air kembali hijau keruh.
    Mohon bantuan Bapak/Ibu Admin untuk mengatasi hal tersebut. Terima kasih banyak

    1. Selamat siang Pak Andy.
      Terimakasih sebelumnya telah meninggalkan komentar.
      Saran dari kami bapak lakukan pengobatan lagi dengan dosis yang lebih banyak lagi untuk soda ashnya tambahkan 30 kg atau sampai air kolam memiliki kadar pH.
      Untuk PAC tambahkan 10 kg.
      Untuk kaporit jika sudah ada kadarnya pada air kolam tidak perlu ditambahkan.
      Demikian semoga dapat membantu.
      Terimakasih.

      1. Mhn dibantu min, kolam renang saya baru ukuran 21x8x1,5. Baru sy isi air sumur. Karna air sumurnya ph nya tinggi jadi sy cuma kasih kaporit 9 gayung dan pac 10 gayung, dan yg terjadi kotorannya malah pada ngambang. Mohon bantuannya tks.

        1. Selamat siang Pak Fajar.
          Terima kasih, telah meninggalkan komentar.
          Jika air baru memang sebaiknya dilakukan pengobatan dengan sistem pengendapan.
          Mohon maaf pak Fajar walaupun kadar pH sudah tinggi , tetap tambahkan soda ash. Agar kotoran turun sebaiknya tambahkan juga PAC .
          Semoga dapat membantu.
          Terima kasih.

  42. Hallo pak Gabriel.p
    Untuk mengatasi treatment kolam renang yang kurang mengendap, bapak bisa menambahkan lagi PAC nya.. jika sudah ditambah pac kolam belum mau ngendap, bapak bisa memberikan tawas untuk membantu pengendapan.

    Semoga bisa membantu dan terima kasih telah mengunjungi website kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.