Press "Enter" to skip to content

6 Jenis Heater Kolam Renang yang Bisa Anda Pilih

6 Jenis Heater Kolam Renang yang Bisa Anda PilihKolam renang dengan air hangat kini semakin banyak digemari. Sebagian dari kolam renang jenis ini menggunakan air hangat alami yang berasal dari alam. Sementara sebagian lainnya menggunakan penghangat buatan atau yang biasa disebut heater. Heater merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan air kolam hingga mencapai suhu tertentu sesuai dengan yang kita inginkan. Dan berbicar mengenai heater, saat ini ada beberapa jenis heater kolam renang yang tersedia di pasaran.

Selain itu, heater kolam renang juga memiliki ukuran yang bermacam-macam. Maka dari itu, ukuran heater yang dipakai harus disesuaikan dengan ukuran kolam renang. Semakin besar ukuran kolam maka semakin besar kapasitas heater yang harus digunakan. Untuk lebih jelasnya, Berikut adalah jenis heater kolam renang yang bisa anda pilih untuk melengkapi kolam renang anda.

Berbagai Jenis Heater Kolam Renang

Ada beberepa jenis heater kolam renang yang bisa dipilih. Kesemua heater tersebut menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis-jenis heater tersebut, berikut pernjelasan terperinci mengenai heater kolam renang.

Electric Heater

Jenis heater kolam renang yang pertama yaitu heater elektrik. Heater kolam renang jenis ini menggunakan energi listrik untuk memanaskan air kolam. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan elemen-elemen pemanas yang berada di dalam mesin. Alat ini memiliki 2 tipe, yaitu instan elektric water heater dan electric water heater yang dilengkapi dengan penampungan.

6 Jenis Heater Kolam Renang yang Bisa Anda Pilih

Cara kerja instan elektrik water heater sangatlah sederhana. Air yang sudah dipanaskan oleh heater akan langsung dialirkan ke kolam renang. Sedangkan untuk water heater listrik dengan penampungan, cara kerjanya sedikit lebih komplek. Air yang sudah dipanaskan, akan ditampung pada tempat penampungan. Selanjutnya, air akan dialirkan ke kolam jika akan digunakan.

Air Conditioning Water Heater

Jenis heater kolam renang yang kedua yaitu air conditioning water heater. Alat ini bekerja menggunakan freon yang dibuang dari AC. Freon yang panas dialirkan ke heart exchanger sehingga akan memanaskan air di tanki penampungan. Kemudian, air akan keluar dari penampungan dalam keadaan hangat.6 Jenis Heater Kolam Renang yang Bisa Anda Pilih

Heat Pump Water Heater

Ketiga adalah heat pump water heater. Alat ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan air conditioning water heater. Keduanya sama-sama menggunakan freon. Hanya saja, untuk heat pump, heater sudah dirancang khusus untuk penghangat air. Sementara pada air conditioning water heater, heater memanfaatkan AC yang suadah ada sehingga ditampung dipenampungan.

6 Jenis Heater Kolam Renang yang Bisa Anda Pilih

Heater Kolam Renang Dengan Gas

Jenis heater kola renang selanjutnya adalah gas water heater. Penghangat ini menggunakan gas sebagai sumber energi untuk menghangatkan air. Gas yang digunakan bisanya berasal dari gas elpiji atau gas alam. Cara kerja mesin ini seperti kompor gas, yaitu dengan cara memanasi pipa tempat jalannya air. Sehingga, saat air keluar sudah dalam keadaan hangat.

Baca juga : Mengenal Penghangat Air Kolam Renang

Heater Kolam Renang Dengan Tenaga Matahari

Selanjutnya, ada juga solar water heater. Seperti namanya, alat ini memanfaatkan tenaga matahari sebagai pemanas. Cara kerjanya adalah dengan memanaskan air yang mengalir di pipa dengan bantuan energi matahari. Kemudian, air tersebut ditampung pada tempang penampungan sebelum akhirnya dipergunakan.

6 Jenis Heater Kolam Renang yang Bisa Anda PilihSolar water heater ini terbagi menjadi 2 sistem, yaitu sistem pasif dan sistem aktif. Sistem yang pasif digunakan untuk skala kecil biasanya dipakai untuk rumah tangga. Sedangkan sistem yang aktif digunakan untuk skala besar seperti hotel dan rumah sakit.

Solar Rubber Pool Heater

Jenis heater kolam renang yang terkhir adalah solar rubber pool heating. Heater kolam renang jenis ini bekerja dengan memanfaatkan tenanga matahari untuk memanaskan air. Cara kerjanya mirip dengan solar water heater. Hanya saja, pada heater ini, bagian kolektor atau penangkap panas matahari menggunakan panel karet.

Alasan penggunaan panel karet itu sendiri karena panel tersebut relatif kuat dan tahan terhadap chlor atau zat kimia kolam renang. Sistem pemanasan ini tidak menggunakan tanki atau penampungan. Jadi air yang sudah panas langsung dialirkan ke kolam renang sehingga disirkulasi langsung.

6 Jenis Heater Kolam Renang yang Bisa Anda Pilih
Demikian ulasan kami mengenai jenis heater kolam renang yang bisa dijadikan pilihan untuk anda yang ingin memiliki kolam renang dengan air hangat. Heater ini sangat cocok digunakan didaerah beriklim dingin atau ketika musim dingin. Jadi ketika suasana dingin, anda ingin berenang tanpa takut kedinginan karena anda dapat menggunakan heater untuk menghangatkan air kolam. Semoga bermanfaat.

Edited by: Eko Prasetyo (16 November 2016)

6 Comments

  1. james karnadi james karnadi

    apakah dari kalian ada kenalan kontraktor kolam renang dengan jenis tipe heater yg di recomendasikan atau bisa memilih tipe water heater nya di kolam renang? tolong beri info, terima kasih

    • Ristana Ristana

      Selamat sore

      Pak James.
      Trimakasih sebelumnya,karena telah meninggalkan komentar.
      Mengenai heater untuk kolam renang kami siap membantu pengadaan dan pemasangan nya.
      Terimakasih.

      • yunif yunif

        bisa minta penawaran harga pak untuk kolam air panas ukuran 1x3x1?

        • Ristana Ristana

          Selamat siang pak yunif.
          Terimakasih kasih atas komentarnya.mengenai penawaran segera dibuatkan.

  2. SYAHRUL LUBIS SYAHRUL LUBIS

    SELAMAT SIANG ,SAYA INGIN MENDAPAT KAN INFORMASI UTK KOLAM RENANG UKURAN KURANG LEBIH 38KUBIK BISA TIDAK YA UTK MENGANGKAT AIR PANAS KOLAM RENANG KE 35 DERJAT CELCIUS MBAK SAYA ADA PROJEK MBAK UTK SOLAR PANEL PEMANAS KOLAM RENANG SAY MINTA NOMOR TELPON UTK KOMUNIKASI SEGERA YA MBAK TERIMA KASIH..

    • Ristana Ristana

      Selamat sore pak Syahrul.

      Sebelumnya saya ucapkan terimakasih sudah meninggalkan komentar.
      Untuk kubikasi air yang bapak sebutkan di atas bisa mencapai panas 35 derajad. Namun butuh waktu beberapa jam. Mengenai kunsultasi bapak bisa menghubungi kantor kami.
      Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.