Press "Enter" to skip to content

Mengenal Penghangat Kolam Renang

Mengenal Penghangat Kolam RenangDi zaman yang semakin modern suhu air kolam dapat diatur menjadi hangat. Salah satunya adalah dengan menggunakan penghangat kolam renang atau heater. Dengan menggunakan heater, kita bisa mengatur suhu air kolam sesuai keinginan.Bagi daerah yang memiliki suhu udara dingin, tentu penghangat kolam renang akan sangat bermanfaat. Dengan begitu, kita akan betah berlama-lama berendam air hangat ditengah udara yang dingin.

Kolam air hangat biasa disebut dengan istilah jacuzzi. Jacuzzi ini biasanya dibuat disamping kolam renang dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari kolam renang itu sendiri. Dalam pembuatannya, jacuzzi membutuhkan mesin heater atau penghangat kolam renang sebagai inti dari proses penghangatan air. Untuk lebih jelasnya mengenai prinsip kerja heater, anda bisa melihatnya pada uraian dibawah ini..

Prinsip Kerja Mesin Penghangat Kolam Renang

Pada dasarnya, prinsip mesin penghangat kolam renang sangat simple. Air masuk melalui pompa, kemudian masuk ke filter, dan baru dialirkan menuju heater. Cara kerja mesin penghangat ini adalah dengan menarik udara di sekitarnya. udara tersebut digunakan untuk memanaskan air yang akan disirkulasikan ke kolam dalam keadaan hangat. Kemudian, membuang udara dingin ke luar. Biasanya, proses penghangatan air berlangsung selama beberapa saat. Untuk itu, biarkan sirkulasi terus berjalan hingga air seluruh kolam menjadi hangat.

Heater juga bisa mencapai suhu maksimal hingga 39 derajat, dan bisa diatur suhunya sesuai dengan keinginan. Alat ini bisa otomatis off jika suhu air sudah mencapai suhu yang kita inginkan. Kemudian akan on kembali saat suhu air kolam menurun. Jadi anda bisa berenang dengan air yang hangatnya tetap tanpa harus terus menyalakan dan mematikan mesin penghangat.

Cara Menggunakan Mesin Penghangat Kolam Renang

Penghangat kolam renang atau heater ini tersedia dalam berbagai macam jenis. Sedangkan yang biasa digunakan adalah heater yang memakai gas dan heater elektrik. Heater yang memakai gas kebanyakan menggunakan tabung gas 50 kg untuk 12 jam pemakaian secara terus menerus. Sedangkan untuk yang elektrik, umunya menggunakan daya 5.5KW / 6KW /10 KW/11KW. Daya itu tergantung dengan merk dan kapasitas yang dipakai.

Baca juga : Mengenal Komponen Sirkulasi Kolam Renang

Penggunaan penghangat kolam renang ini sangan simpel dan mudah. Jika akan menggunakannya, yang perlu anda lakukan hanyalah menghidupkan mesin. Dan jika sudah tidak digunakan, anda bisa mematikan mesin heater. Berikut ini cara unutk menghidupkan dan mematikan heater.

Cara Menghidupkan Penghangat Kolam Renang yang Memakai Gas

Cara menghidupka yaitun penghangat kolam rennag jenis ini adalah dengan menghidupkan power pada pompa heater. Kemudian, hidupkan saluran gas yang menuju heater, dan hidupkan power mesin heater. Selanjutnya, di bagian water heater, tekan pada tombol power pada posisi on. Tunggu prosesnya berjalan secara otomatis hingga air kolam menjadi hangat. Jika air yang berada di dalam heater sudah hangat, maak air tersebut akan dialirkan ke dalam kolam renang secara bertahap. Tunggu hingga air seluruh kolam hangat.

Cara Mematikan Penghangat Kolam Renang Yang Memakai Gas

Cara mematikan penghangat kolam renang ini sangat mudah, yaitu dengan mematikan power mesin. Lalu, tutup gas agar tidak menyemburkan atau mengeluarkan hawa panas. Kemudian, tekan tombol off pada body heater dan matikan power heater.

Cara Menghidupkan Pemanas Kolam Renang Elektrik

Cara menghidupkan pemanas kolam renang jenis ini adalah dengan menghidupkan power pada pompa heater, dan hidupkan power pada mesin heater. Lalu, pada water heater, tekan pada tombol power pada posisi on. Tunggu proses penghangat air berjalan secara otomatis hingga air hangat. Air yang sudah hangat akan dialirkan secara bertahap. Tunggu hingga air seluruh kolam hangat.

Cara Mematikan Penghangat Kolam Renang Elektrik

Cara mematikan penghangat kolam renang elektrik lebih simpel dibanding dengan penghangat yang memakai gas. Caranya adalah dengan mematikan power pada mesin pompa heater dan tekan tombol off pada body heater. Yang terakhir, matikan power heater.

Masing-masing dari penghangat kolam renang diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sedangkan untuk pemasangannya cukup mudah. Caranya adalah engan menghubungkan pipa dari filter ke bagian masuknya air pada heater. Kemudian pada tempat keluarnya air, dihubungkan ke pipa yang menuju inlet untuk dikembalikan ke kolam renang.

Penghangat air ini bisa menjadi solusi anda jika menginginkan kolam dengan air yang hangat. Jika anda sedang ingin berenang tetapi suhu diluarruangan sedang dingin, anda bisa menggunakan penghangat kolam renang untuk menaikkan suhu air. Sekian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat, dan bisa membantu anda dalam mengoperasikan pemanas kolam renang di kediiaman anda.

Edited by: Eko Prasetyo (16 November 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.