Cara Melakukan Vacuum Kolam Renang Dengan Benar

Cara Melakukan Vacuum Kolam Renang Dengan BenarVacuum kolam renang adalah salah satu bagian yang tidak boleh terlewatkan saat pembersihan atau perawatan kolam. Tujuan melakukan vacuum yaitu untuk mengangkat kotoran yang mengendap di dasar kolam. Kemudian, kotoran yang terangkat vacuum akan masuk ke dalam filter untuk disaring. Sehingga air akan kembali ke kolam dalam keadaan bersih.

Jika kotoran yang mengendap di dasar kolam sangat tebal, maka jenis vacuum kolam renang yang paling disarankan adalah vacuum buang. Vacuum buang ini hampir sama dengan vacuum biasa. Perbedaannya, jika pada vacuum biasa air akan masuk ke filter untuk di saring, sedangkan pada vacuum buang, air tidak dialirkan ke filter, tetapi langsung dibuang.

Baca juga 8 Fungsi Kolam Renang Yang Harus Diketahui

Cara Melakukan Vacuum Kolam Renang

Baik untuk vacuum buang ataupun vacuum biasa, keduanya harus dilakukan dengan baik dan benar. Dan agar membuahkan hasil yang maksimal, ada beberapa prosedur yang ahrus diikuti dalam melakukan vacuum kolam renang. Dan untuk membantu anda dalam melakukannya, berikut kami lampirkan langkah-langkah dalam melakukan vacuum kolam renang yang baik dan benar.

Prosedur Vacuum Kolam Renang Biasa

Dalam melakukan vacuum kolam renang biasa, langkah pertama yang harus diambil adalah menyiapkan peralatan. Peralatan yang perlu dipersiapkan antara lain yaitu vacuum hose, telescopic handle, vacuum head, pool brush dan leaf skimmer. Untuk peralatan-peralatan tersebut, ukurannya disesuaikan dengan ukuran kolam renang.

Setelah semua peralatan siap, matikan mesin kolam renang. Posisikan handle filter pada mode filter. Saat memutar handle sebaiknya kondisikan mesin dalam keadaan off, dan pipa vacuum dalam keadaan on untuk kolam jenis over flow atau semi over flow. Untuk kolam skimmer, pastikan pipa skimmer dalam keadaan on. Untuk pipa maindrain posisikan dalam posisi off. Pipa balancing tank juga sebaiknya dalam posisi off untuk kolam jenis over flow dan semi over flow. Kemudian pada pipa pembuangan atau waste diposisikan dalam posisi on.

Setelah pengataturan vacuum kolam renang diatas selesai, nyalakan kembali mesin kolam renang. Pastikan kembali semua pemipaan sudah benar sebelum menyalakan mesin. Jika semuanya sudah benar, kemudian nyalakan mesin dan vacuum siap dilaksanakan.

Langah keempat dalam melakukan vacuum kolam renang adalah mengangkat kotoran pada permukaan kolam. Ambil kotoran yang ada pada permukaan kolam renang seperti daun, bunga atau kotoran lain dengan leaf skimmer. Untuk memudahkan proses ini, pasang leaf skimmer pada telescopic handle supaya dapat menjangkau kotoran yang jauh. Setelah selesai lanjutkan pada vacuum.

Mengangkat Kotoran pada Proses Vacuum

Langkah selanjutnya adalah mengangkat kotoran pada dasar kolam dengan vacuum kolam renang. Hubungkan saah satu ujung vacuum hose pada pipa vacuum untuk kolam jenis over flow dan semi over flow. Untuk kolam jenis skimmer vacuum hose dihubungkan pada pipa skimmer. Sedangkan ujung satunya, hubungkan pada vacuum head yang sudah dipasang pada telescopic handle. Lakukan vacuum secara menyeluruh pada lantai kolam. Jika pada dinding kolam terdapat kotor, alga, atau lumut, anda dapat menyikatnya dengan pool brush yang dihubungkan pada telescopic handle.

Terakhir, setelah vacuum kolam renang selesai, atur kembali pemipaan. Untuk kolam over flow dan semi over flow, tutup semua pemipaan, sedangkan yang terbuka hanya pipa maindrain dan balancing tank. Sedangkan untuk kolam skimmer, semua pemipaan tetap terbuka kecuali pipa pembuangan atau waste. Jika semua sudah tepat nyalakan mesin kembali.

Cara Vacuum Kolam Renang Dengan Vacuum Buang

Vacuum kolam renang dengan vacuum buang biasanya dilakukan jika kotoran pada kolam sudah tebal atau banyak. Namun, jika kotoran tidak terlalu banyak lakukan vacuum biasa untuk membersihkannya. Pada dasarnya, cara untuk melakukan vacuum buang sama dengan melakukan vacuum biasa. Perbedaannya terletak pada handle filter. Pada vacuum buang, kita harus menempatkan handle filter pada mode waste. Hal ini bertujuan agar kotoran yang diangkat langsung terbuang keluar kolam tanpa disaring filter.

Pelaksanaan vacuum kolam renang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kondisi kolam renang tetap bersih. Untuk hasil terbaik, sebaiknya dilakukan setiap seminggu dua kali. Selain itu, mesin kolam renang juga perlu dinyalakan selama 8 jam sehari. Pemberian chemical, pengecekan kadar pH air dan pembersihan filter juga tidak boleh terlewatkan. Jika semua langkah pada perawatan dilakukan maka kondisi kolam renang selalu baik dan siap pakai. Semoga bermanfaat.

Edited by: Eko Prasetyo (14 November 2016)

2 Comments

  1. Suswono June 8, 2019
    • Ristana June 18, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.