Peralatan Pembersihan Kolam Renang

Menjaga kondisi supaya tetap bersih sangatlah diperlukan demi menunjang performa suatu kolam renang.  Kolam yang bersih akan memberikan kesan yang nyaman bagi penggunanya. Selain itu, kebersihan kolam renang juga menjamin kesehatan siapa saja yang berada di dalam kolam. Untuk itu, agar selalu dalam kondisi yang bersih, maka perlu dilakukan pembersihan kolam renang secara berkala.

Pembersihan ini dilakuan dengan tujuan agar air kolam tetap jernih dan terbebas dari berbagai macam kotoran, kuman, dan mikro organisme lain yang dapat menyebabkan penyakit. peralatan pembersihan kolam renang

Peralatan Pembersihan Kolam Renang

Agar lebih maksimal, pembersihan kolam renang harus dilakukan dengan menggunakan peralatan yang dibuat khusus untuk membersihkan kolam. Dengan menggunakan peralatan tersebut, proses pembersihan akan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Peralatan yang dimaksud diantaranya adalah  selang, tongkat pegangan, saringan daun,sikat lantai, sikat dinding, dispenser kaporit, dan test kit. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca uraian berikut ini.

Vacuum Nose

Peralatan pertama dalam pembersihan kolam renang adalah selang atau vacuum hose. Selang atau vacuum nose ini digunakan untuk mengangkat dan menyedot kotoran yang terdapat di lantai kolam.

Cara menggunakan vacuum hose adalah dengan menghubungkannya dengan vacuum head. Sehingga, kotoran di dasar kolam yang diangkat oleh vacuum head dapat disalurkan ke tempat penampungan dengan selang tersebut.

Tempat penampungan kotoran tersebut tidak lain adalah filter. Di dalam filter, kotoran akan tersaring, dan air bersih dari penyaringan akan dialirkan kembali ke dalam kolam.

Panjang vacuum nose sendiri sangat bervariasi mulai dari 9 , 12, hingga 15 meter. Sehingga anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran dan kedalamam kolam renang yang anda miliki.

Telescopic Handle

Peralatan Pembersihan Kolam RenangPeralatan kedua adalah tongkat pegangan atau telescopic handle. Dalam pembersihan kolam renang, alat ini dapat digunakan sebagai pegangan dengan menyambungkannya pada sikat lantai ,sikat dinding dan saringan daun.

Dengan menggunakan pegangan, kita tidak perlu turun ke kolam atau menyelam untuk membersihkan bagian dalam kolam. Tetapi, kita bisa tetap berada di tepi kolam sembari membersihkan bagian dalam kolam dengan bantuan telecospic handle.

Berbicara mengenai ukuran, terdapat berbagai macam ukuran dari Telescopic handle yang dijual di pasaran. Tapi pada umumnya, telecospic handle memiliki panjang sekitar 2,5 m dan terbuat dari bahan aluminum yang kuat dan ringan.

Sedangkan untuk ukuran, alat ini dapat diperpanjang dengan menarik kedua ujungnya hingga mencapai panjang maksimal sekitar 4,8 m. Dengan panjang tersebut, sikat dapat menjangkau dasar kolam renang sehingga akan mempermudah anda dalam menyikat lantai kolam tersebut.

Leaf Skimmer

Alat selanjutnya dalam pembersihan kolam renang adalah saringan daun atau leaf skimmer. Alat ini digunakan untuk membersihkan daun dan kotoran yang berada di permukaan kolam.

Memiliki bagian tang terdiri dari jaring dan pegangan, alat ini dapat digunakan secara efisien untuk mengambil berbagai macam kotoran di dalam kolam. Sedangkan untuk menjangkau bagian tengah kolam atau bagian lain yang tidak terjangkau, anda bisa menyambungkan saringan daun dengan telecospic handle.

Terakhir, anda juga membutuhkan sikat dalam proses pembersihan kolam renang. Untuk sikat sendiri, terdapat berbagai macam sikat yang keperuntukannya juga berbeda.

Jenis Sikat Yang Diperlukan dalam Pembersihan Kolam Renang

Peralatan Pembersihan Kolam RenangPertama, anda membutuhkan sikat lantai (vacuum head). Dalam pembersihan kolam renang, sikat ini digunankan untuk membersihkan alga atau lumut yang menempel di lantai kolam.

Dengan menggunakan sikat ini, anda bisa menyikat lumut ataupun alga tersebut hingga ke akarnya. Untuk ukuran dan bentuk, vacuum head tersedia dalam berbagai macam bentuk dan ukuran dengan kegunaan yang relatif sama.

Baca juga Perawatan Kolam Renang disini

Kedua, anda juga memerlukan sikat dinding (wall brush) dalam proses pembersihan kolam renang. Sebagian orang menyebutnya dengan pool brush, akan tetapi, pada dasarnya kedua istilah ini mengarah ke pengertian yang sama, yaitu sikat yang digunakan untuk menyikat dinding kolam renang.

Dari segi fungsi, sikat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan vacuum head. hanya saja, jika vacuum head digunakan untuk menyikat lantai kolam, wall brush diginakan untuk menyikat kotoran atau lumut yag menempel pada dinding kolam renang. Dari segi bentuk, wall brush ini memiliki bulu sikat yang lebih panjang dan bentuknya juga berbeda dengan vacuum head.

Beberapa Peralatan Penting yang Jarang Digunakan dalam Pembersihan Kolam Renang

Selain peralatan diatas, ada beberapa komponen penting yang juga diperlukan dalam pembersihan kolam renang, akan tetapi penggunaannya sangat jarang ditemukan. Peralatan yang pertama adalah dispenser kaporit (chlorine dispenser).

Alat ini digunakan untuk meletakan kaporit tablet yang akan dilarutkan kedalam kolam renang. Kaporit tablet yang akan dimasukan ke kolam renang dimasukan terlebih dahulu dimasukkan ke dispenser kaporit. Kemudian, dispenser kaporit ini dimasukan ke dalam kolam renang. Sehingga sedikit demi sedikit kaporit tablet yang ada di dalam dispenser akan larut dalam air.

Peralatan Pembersihan Kolam RenangSelanjutnya, anda juga perlu menggunakan Test kit setelah pembersihan kolam renang selesai. Test Kit digunakan untuk mengetahui keadaan PH dan chlorine dalam air kolam renang. Dengan demikian, tingkat PH dan Chlorine tetap terjaga dan dalam presentase yang dianjurkan.

Cara menggunakan alat ini sangat sederhana. Anda hanya perlu mengisi kedua tabung dari test kit dengan air kolam. Kemudian, teteskan cairan oto phenol pada tabung. Indikator merah digunakan untuk mengetahui tingkat PH, sedangkan indikator kuning untuk mengetahui tingkat chlorine yang terkandung dalam air kolam.

Mengecek Tingkat PH dan Chlorine

Setelah air dimasukkan kedalam botol, tutup kedua botol tersebut dan kocok sebentar. Kemudian lihatlah perubahan warna air. Sesuaikan warna air pada tabel tertera pada petunjuk. Jika pH air kisaran 7,2 – 7,6 ppm, maka air tersebut memiliki PH yang normal.

Dan apabila setelah pengukuran anda mendapati PH air yang terlalu tinggi, maka anda perlu menambahkan HCl. Akan tetapi, jika PH dibawah 7,2, maka anda perlu menambahkan soda ash. Demikian juga pada tingkat chlorine. Jika kurang dari batas normal, maka anda perlu menambahkan kaporit.

Demikianlah peralatan yang diperlukan dalam pembersihan kolam renang. Selain peralatan yang memadai, skill juga sangat diperlukan untuk mendukung proses pembersihan kolam. Sehingga, proses pembersihan dapat dilakukan dengan maksimal dan menghasilkan kolam yang bersih serta terbebas dari segala macam kotoran.

Demikian artikel kami mengenai pembersihan kolam renang. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam membersihkan kolam renang yang anda miliki. Dan apabila anda memiliki pendapat atau pertanyaan seputar topik diatas, anda bisa mencantumkannya pada kolom komentar di bawah ini. Stay clean, stay healthy. See you in the next topic.

edited by: Eko.P_Dimulti – 4 November 2016

4 Comments

  1. MOHD YUSRI September 21, 2017
  2. Shaharuddin Ajam February 20, 2018
  3. Ristana February 22, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.