Mengenal Jenis dan Kegunaan Obat Kolam Renang

 

Mengenal Jenis dan Kegunaan Obat Kolam RenangKali ini kita akan membahas sesuatu yang masih berhubungan dengan kolam renang, yatu obat kolam renang. Obat Kolam Renang, atau yang biasa disebut “chemical”, merupakan salah satu komponen penting dalam perawatan kolam renang. Lalu, apa yang dimaksud dengan obat kolam renang?Temukan jawabannya di bawah ini.

Jenis dan Kegunaan Obat Kolam Renang

Obat Kolam Renang adalah obat-obatan atau bahan kimia yang digunakan dalam perawatan renang. Pemberian obat-obatan ini sangat berguna untuk menjaga kolam agar selalu terbebas dari kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Saat ini, ada banyak jenis obat kolam renang yang ditawarkan dipasaran. Masing-masing produk memiliki fungsi dan kegunaan yang bervariasi. Apa saja obat-obatan tersebut? Berikut uraiannya.

PAC (Poly Aluminum Chloride)

Poly Aluminum Chloride, atau yang biasa disingkat PAC, adalah sejenis bahan kimia yang berbentuk bubuk. Obat kolam renang ini memiliki fungsi yang mirip dengan tawas, yaitu untuk mengikat kotoran dalam air dan dibawa mengendap kedasar kolam. Hal ini akan mempermudah proses pembersihan kolam renang, karena kotoran yang mengendap didasar kolam akan mudah untuk di angkat menggunakan vacuum. Sehingga, proses pembersihan kolam bisa lebih maksimal.

Soda Ash

Soda Ash yaitu yaitu sejenis bahan kimia yang digunakan untuk menaikan pH pada air kolam. Jika pH air kurang dari batas normal, maka kualitas air kolam akan turun jika terkena tambahan air, baik itu tambahan dari air hujan atau air dari kran. Dalam penggunaannya, obat kolam renang ini biasa dilarutkan dalam wadah sebelum kemudian dimasukkan ke kolam. Untuk hasil yang lebih maksimal, penggunaan soda ash sebaiknya dilakukan dalam keadaan sirkulasi air yang berjalan, sehingga sirkulasi tersebut bisa mempercepat meratanya soda ash.

Baca juga Peralatan Pembersih Kolam Renang disini

Trussi (Copper Sulphate)

Trussi yaitu sejenis bahan kimia yang digunakan untuk mecegah pertumbuhan alga (lumut). Obat kolam renang ini juga dapat berfungsi untuk menjernihkan dan memberi warna kebiruan pada air kolam sehingga kolam terlihat lebih indah. Penggunaan trussi juga sama denga soda ash, yaitu dengan dilarutkan terlebih dahulu, kemudian memasukkannya ke dalam kolam renang.

Chlorine

Obat Kolam renang selanjutnya adalah Chlorine. Ada beberapa jenis Chlorine yang dijual di pasaran. Masing-masing memiliki bentuk, kegunaan, dan tingkat Chlorine yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Kaporit atau chlorine powder 60%. Kaporit merupakan obat kolam renang yang digunakan untuk meningkatkan konsentrasi chlorine dalam air. Sesuai namanya, obat ini berbentuk bubuk dan memiliki kandungan chlorine 60%. Pemberian chlorine pada kolam bertujuan untuk menjaga kondisi air agar tetap jernih dan menghilangkan bakteri.

Selanjutnya adalah chlorine granular 90%. Sama seperti Chlorine Powder 60%, obat kolam renang ini digunakan untuk meningkatkan kandungan chlorine dalam air. Dengan tingkat chlorine yang relatif lebih tinggi, Chlorine granular 90% dapat meningkatkan tingkat Chlorine dengan cepat. Sedangkan untuk bentuk, Chlorine granular 90% berbentuk memiliki bentuk granular, atau butiran-butiran kecil.

Terakhir adalah Chlorine TCCA tablet 90%. Memiliki bentuk seperti tablet, obat kolam renang ini memiliki tingkat Chlorine yang sama dengan chlorine granular 90%. Perbedaannya aalah pada fungsi dan kegunaannya. Chlorine TCCA digunakan untuk menjaga kandungan chlorine dan pH dalam air tetap dalam kondisi stabil dan ideal. Selain itu, obat ini juga digunakan untuk menjaga air tetap jernih dan biru.

HCL (Hydrochloric Acid)

Selain obat kolam renang diatas, ada juga jenis obat kolam renang lain yang bersifat keras dan jarang digunakan. Obat ini adalah HCl (Hydrochloric Acid). Dengan sifat asam yang dimilikinya, HCL biasa digunakan untuk menyeimbangkan air kolam saat pH air terlalu basa.

Tingkat keasaman HCL sangatlah tinggi, sehingga HCl digolongkan dalam obat kimia yang keras. Biasanya, penggunaan HCL dilakukan saat kondisi air kolam sangat keruh dan banyak ditumbuhi lumut. Akan  tetapi, jika kondisi ini masih bisa diatasi dengan obat-obatan lain yang tidak terlalu keras, maka pemberian HCL tidak perlu dilakukan.

Demikianlah penjelasan mengnai macam-macam obat kolam renang yang biasa digunakan dalam perawatan kolam renang. Yang terpenting, dalam penggunaannya, pemberian obat tersebut harus disesuaikan dengan kondisi kolam renang. Jika kondisi kolam sudah baik, pemberian obat tidak perlu dilakukan. Selain itu, dosis dalam pemberian obat juga perlu diperhatikan karena hal ini akan mempengaruhi kualitas air dari kolam renang.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan dalam Perawatan Kolam Renang

Setelah pemberian obat kolam renang selesai dilakukan, maka anda juga perlu memeriksa kandungan pH dalam kolam. Jika kandungan pH terlalu rendah maka air kolam bersifat asam. Air yang asam akan bersifat korosif, sehingga bisa meyebabkan karat pada logam dan atau membuatnya mudah terkikis. Selain itu, tingkat asam yang terlalu tinggi pada air akan menimbulkan noda kuning pada keramik di dinding dan lantai kolam renang.

Sebaliknya, jika kandungan pH dalam air terlalu tinggi, atau terlalu basa, air tersebut akan menjadi ladang bagi tumbuhnya mikroorganisme. Mikroorganisme seperti alga, ganggang, lumut, dan bakteri sangat menyukai kondiri air yang basa. Selain itu, air yang bersifat basa juga akan menyebabkan warna kolam keruh dan kehijauan. Tentu saja, hal ini bisa merusak sisi aesthetic dari kolam renang anda.

Demikian penjelasan kami mengenai jenis dan kegunaan obat kolam renang. Semoga bermanfaat, dan bisa membantu anda dalam menentukan obat kolam renang yang tepat untuk kolam anda. Jika anda masih mempunyai pertanyaan atau pendapat mengenai obat kolam renang, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar dibawah. Sehingga kami bisa memberikan solusi untuk pertanyaan anda. Terimakasih.

Edited By: Eko.P_Dimulti (7 November 2016)

75 thoughts on “Mengenal Jenis dan Kegunaan Obat Kolam Renang”

    1. Selamat Sore Nani

      Trimakasih telah meninggalkan komentar.Dan mohon maaf atas keterlambatan merespon pertanyaannya.

      Saya akan asumsikan ke kolam yang berkubikasi 60m³.

      Untuk tawas ini jarang digunakan untuk pengobatan air, kecuali kondisi air keruh. Jika air keruh bisa memakai 5 kg untuk mengendapkan kotoran.

      Untuk kaporit(grenular 90%) dengan volume air 60m³ dapat menggunakan 3/4kg untuk kondisi air bagus/ jernih.

      Untuk Soda as, per 60m³ gunakan 2kg.

      Untuk trussi, per 60m³ gunakan 1/4kg

      Dan bisa berlaku kelipatannya sesuai dengan volume air.

      Trimakasih.

    1. Selamat sore Yermia

      Untuk kolam renang yang sudah kelebihan trusi, yang bisa dilakukan adalah menambah sirkulasi air, dan tiap hari dilakukan backwash pada sistem filterisasi. Hal tersebut bertujuan untuk mempercepat mengurangi kadar trussi yang berlebihan.

      Semoga dapat membantu permasalahan ini.

      Trimakasih.

    1. Selamat siang Pimpin Aryadi.

      Setiap pemakaian PAC sebaiknya dilakukan vacum buang.jika tidak dilakukan vacum buang filter tidak akan mampu untuk menahan endapan PAC dan air kolam tidak akan segera bening.
      PAC digunakan bilamana kondisi air kolam keruh atau hijau saja.

      Semoga bermanfaat

      Trimakasih.

  1. Kalau air kolam udah bagus trus trkena air hujan dia berubah warna dan keruh setelah itu ditawas tidak mau ngendap di sirkulasi tidak bisa berubah, solusinya gmn ya pak? Makasih pemberian obat kaporit cair dan tawas

    1. Selamat siang Pak Erwan.

      Bapak dapat melakukan pembeningan dengan sistem pengendapan.
      Untuk chemical yang digunakan pakailah kaporit bubuk untuk proses pembeningan tambahkan soda ash dan PAC.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Trimakasih

  2. selamat malam pak,saya bekerja sebagai pool attendent hotel di jogja,sering hotel kami menerima rombongan grup pelajar dan selalu berenang bersama2.dan setiap kali sehabis kolam renang dipakai pasti kolam menjadi keruh/berkabut sebab mereka bereneng bersama2 dengan pakaian seadanya(sebab di hotel kami tidak ada peraturan harus memakai pakaian renang yg bersih)yang mau saya tanyakan bagaimana cara menjaga kejernihan air kolam agar tidak rusak sehabis dipakai berenang banyak orang seperti saya sebutkan diatas dan bagaimana menjernihkan kembali kolam renang yg keruh/berkabut…(satu rombongan kisaran 200 orang sampai 500 orang)dan setiap hari pasti ada rombongan grup datang menginap.

    1. Selamat siang pak Iwan.
      Mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan Bapak.
      Untuk kolam renang yang dipakai sampai di atas 100 orang pasti kondisi air akan berubah menjadi sedikit keruh. Hal tersebut dapat disebabkan karena pemakai kolam renang memakai bodylotion, pakaian yang digunakan kotor,dan juga dapat disebabkan karena Nat keramik sudah tidak keras lagi, sehingga waktu dipakai berenang terkikis terkena ombak air ataupun tergores kaki orang berenang.
      Untuk mengatasi kondisi air kolam berkabut tambahkan durasi sirkulasinya atau tambahkan chemical yang bisa membantu menurunkan kotoran,seperti PAC, tawas, dan HCL.

      Trimakasih.

  3. Terimakasih bapak agus salim atas pertanyaan bapak. Untuk permasalahan mengenai PAC yang tidak dapat menggumpal,dapat di sebabkan karena kurangnya soda as. Pada saat pengendapan masukan soda as terlebih dahulu. Akan lebih maksimal bila bapak menggunakan tawas dilanjutkan soda as dan PAC. Semoga dapat membantu. Terimakasih

  4. Dear Pak,

    Saya mau nanya pak, untuk kolam umum penggunaan trusi sebaiknya dilakukan berapa kali dalam 1 bulan, karena pengalaman pas bongkar filter penggantian sand filter warna pasir silicanya berwarna biru, kata teknisi ini sering pake trusi pak….saya bilang iya, mohon penjelasanya pak, trimakasih.

    1. Selamat siang Pak Agus.
      Sebelumnya trimakasih telah meninggalkan komentar.
      Untuk penggunaan trussi di kolam renang, tergantung dengan kondisi air kolam.
      Fungsi utama dari trussi yaitu: membunuh lumut yang berada di dalam kolam,jika tidak ada lumut di lantai dan dinding kolam, Maka trussi tidak di butuhkan, dan terkadang trussi digunakan pada saat treatment atau pengobatan dengan sistem pengendapan.

      Semoga dapat membantu.
      Trimakasih

  5. Selamat siang Pak Budianto.
    Trimakasih telah meninggalkan komentar.
    Mohon maaf sebelumnya nya, kami hanya menyediakan chemical untuk perawatan air kolam renang. Mengenai chemical yang bapak tanyakan kami belum pernah menggunakan.

    Trimakasih.

    1. Selamat sore Pak Eko.

      Trimakasih telah meninggalkan komentar.
      Ini nomer WA nya 087788999773.
      Kami siap membantu mengenai permasalah terkait kolam renang.
      Trimakasih.

  6. Selamat siang pak saya mau tanya kalau kolam ukuran 4×8 berapa takaran obat yang d pakai sama obat apa saja yang bagus untuk perawatan nya pak

  7. Selamat sore Pak Zikin

    Trimakasih sebelumnya karena telah meninggalkan komentar.
    Untuk ukuran 4X8X1.5m: 48m³, Bapak dapat menggunakan Kaporit 90% sebanyak 500gr, untuk satu kali pengobatan dan lakukan pengobatan 3 hari sekali.
    Dan tbah kan soda ash ,dua Minggu sekali untuk takaran sesuaikan dengan teskit.
    Dua chemical ini cukup untuk perawatan air kolam renang dalam kondisi bening.

    Semoga dapat membantu,
    Trimakasih.

  8. selamat siang master ristana,

    saya mempunyai kolam renang baru uk 12x50x1,5 dan sdh ditreatment awal oleh kontraktor.

    bagaimana cara treatment harian dan mingguan dan jenis obat apa saja yang saya butuhkan agar air terjaga trus jernih dan bagus

    mohon petunjuk nya masteer…

  9. Selamat siang Pak Nawi

    Trimakasih sebelumnya sudah meninggalkan komentar.
    Untuk melakukan treatment harian lakukan Vacum dasar kolam.dan pembersihan sampah dipermukaan air jika ada sampah.

    Tiga hari sekali harus dilakukan penambahan kaporit .
    Untuk ukuran kolam renang Bapak, tambahkan kaporit grenular 6- 7 kg, namun bila ada penambahan air kolam Bapak bisa tambahkan lagi.
    Semoga dapat membantu.

    Trimakasih.

  10. Selamat pagi dimultipool…artikelnya sangat bermanfaat….saya punya satu pertanyaan yg saya harap dimultipool bisa bantu jawab permasalahan saya ini…untuk menurunkan clorine dan ph yg terlalu tinggi menggunakan cheMikal ap dan bagaimana penggunaannya…terima kasih

  11. Selamat Pagi Pak Agus.

    Trimakasih sebelumnya telah meninggalkan komentar.
    Untuk menurunkan kadar Chlorine dan pH, Bapak gunakan HCL.
    Cara penggunaannya hcl tuangkan ke dalam air kolam di titik-titik inlet,
    Untuk takaran disesuaikan dengan volume air kolam.
    Semoga dapat membantu.

    Trimakasih.

  12. mohon infonya, kebetulan kolam renang baru dibuat pertama kali dengan ukuran kolam 93, 6 meter kubik. bagaiamana proses dan takaran bahan kimia yang di tambahkan seperti tawas, kaporit 60%, soda ash, trussi dan pac ke dalam kolam renang dan bagaiman penambahan bahan kimia untuk perawatan selanjut. trims

  13. Selamat pagi pak Kornelis Jo.

    Trimakasih sebelumnya karena telah meninggalkan komentar.
    Dengan kubikasi air yang Bapak sebutkan.
    Untuk treatment awal bapak gunakan takaran chemical sebagai berikut:
    1. Chlorine bubuk 60% 2 kg.
    2. Soda ash 5 kg.
    3. PAC 3kg.
    Dan untuk perawatan selanjutnya Bapak dapat tambahkan chlorine 3hari sekali , untuk takaran sesuaikan dengan cadar chlorine yang ada di air kolam.
    Untuk mengetahui kadarnya tes menggunakan teskit air kolam renang.
    Lakukan penambahan sedikit- sedikit sampai kadar dikisaran ideal.

    Semoga dapat membantu trimakasih.

  14. mohon infonya, kebetulan kolam renang baru dibuat pertama kali dengan ukuran kolam 93, 6 meter kubik. bagaiamana proses dan takaran bahan kimia yang di tambahkan seperti tawas, kaporit 60%, soda ash, trussi dan pac ke dalam kolam renang dan bagaiman penambahan bahan kimia untuk perawatan selanjut. tadi sudah diberi info oleh bapak tentang penggunaan chlorin bubuk 60%, soda ash dan PAC. bagaimana dengan tawas dan trusi apakah digunakan secara bersaman dengan bahan yang sudah disebutkan diatas. kalau digunakan secara bersama berapah yang digunakan (tawas dan trusi) dengan ukuran kolan renang 93, 6 meter kubik. trims

    1. Selamat pagi Bapak kornelis jo mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawap pertanyaan bapak. Untuk kebutuhan chemical dengan kubikasi yang bapak sebutkan dapat menggunakan. Kaporit bubuk 60% 2kg, soda as 5kg, PAC 2kg. Bila sudah menggunakan PAC, tawas boleh tidak di gunakan. Tambahkan trussy 1/2kg apabila air kolam renang sudah jernih kembali. Penggunaan chemical setelah air kembali normal, pakailah granular 1,5kg dalam seminggu. Masukan soda as apabila kadar pH mulai menurun. Semoga dapat membantu. Terimakasih

  15. mohon penjelasan…
    1.apakah penggunaan HCL diperkenankan utk kolam??
    2.takarannya berapa??
    3. pemberiannya chemical utk kondisi jernih apakah harus setiap hari??
    kolam di kantor saya kolam arus dng luas 1300m2 tinggi level air 100cm

    oya 1 lagi, ini kolam saya masih ada kebocoran (per hari turun 1.5cm) jadi selalu ditambah air sumur, apakah penambahan air itu mengakibatkan penambahan chemical lagi??dan jika iya seberapa jumlahnya??

    terima kasih banyak untuk bantuannya

    1. Selamat pagi Ibu via sebelumny saya ucapkan terimakasih atas kunjunganya. Penggunaan HCL pada kolam renang hanya pada saat kadar clorin tinggi dan saat awal treatmen. Tidak digunakan setiap treatment sehari-hari. Untuk chemical perawatan sehari-hari, minimal 1 minggu 2 kali pemberian chemical. Penambahan air akan berpengaruh terhadap penggunaan chemical. Bila ditemukam indikasi kebocoran kolam renang, disarankan agar segera melakukan renovasi. Agar kerusakan tidak lebih parah. Semoga dapat membantu. Terimakasih

  16. kalau kolam renang di tempat saya tidak ada serkulasinya dan air kolam tersebut berwarna hijau, apa yang harus saya lakukan untuk membersihkan kolam renang tersebut, walau pun sudah saya beri HCL dan Chemical.

    Terima kasih

    1. Selamat siang Pak Eko.
      Trimakasih telah meninggalkan komentar.
      Chemical memang sangat mendukung untuk kejernihan air. Tapi jika tidak adanya sistem filterisasi. Chemical tidaklah berpengaruh besar untuk kejernihan air. Agar didapatkan air kolam yang bening bapak harus buat sistem filterisasi.
      Semoga dapat membantu.
      Trimakasih.

  17. Slmat malam
    Mohon pencerahan..
    Saya bejerja di hotel..Dan air kolam Saya selalu berkurang..sehingga sy hrs terus mengisi air setiap hr dr air sumur..Dan skrg air kolam sy hijau..kira2 obat / chemical apa yg baik sy gunakan utk treatment supaya air menjadi bening dan Siap pakai setiap hari..?

    1. Selamat siang Pak Farid.

      Sebelumnya trimakasih telah meninggalkan komentar, dan mohon maaf atas keterlambatan untuk menjawab pertanyaan Bapak.

      Kalau hijaunya berlumut bapak lakukan pengobatan dengan sistem pengendpan, untuk chemical yang digunakan , kaporit,soda ash, PAC, trussi.
      Kita cuma hijau bening, beri soda ash, sama kaporit.
      Kami sarankan sebaiknya dicari penyebab berkurangnya air kolam, Karana jika ada penambahan air terus pasti akan berpengaruh pada kejernihan air kolam.
      Semoga dapat membantu, trimakasih.

  18. Selamat siang pak.sy minta penjelasan dr Bpk untuk mengenai perawatan kolam renang. Luas kolam renangnya panjang 11 meter,lebar 6 meter,tinggi 160 cm.untuk perawatan rutin setiap seminggu sekali.
    Utk chemical nya saya pake PAC sama chlorine fowder 60% kadang sekali2 sy pake chlorine granular 90%.pertanyaan sy perbandingan pemakaian chemical atau obat yg sy pake perbandingannya berapa ke brp dgn luas kolam renang tersebut.terima kasih

    1. Selamat siang

      Bapak Elan.

      Sebelumnya terimakasih telah meninggalkan komentar.
      Untuk ukuran kolam yang Bapak sebutkan , untuk perawatan jika memakai kaporit 60%, per tiga hari tambahkan 1kg, dan kalau menggunakan kaporit 90% per tiga hari tambahkan 0,5kg. Untuk PAC digunakan ada saat treatment saja, untuk pemakaian nya 2-3kg, terkandung tingkat kerusakan air kolamnya.

      Demikian semoga dapat membantu.

      Terimakasih.

  19. Wah, artikel yang bagus sekali buat pemula. Ladang pahala buat Pak Ristana nih. Terima kasih banyak ya, pak. Semoga usaha Bapak semakin barakah dengan ilmu dan jawaban yang Bapak berikan.

    Sekali lagi, terima kasih. Jazakallah khair.

    1. Selamat sore Pak Amaludin.

      Sebelumnya terimakasih atas komentarnya.
      Untuk kubikasi air 500 kubik, bapak bisa gunakan grenular 3-4kg pertiga hari.
      Terimakasih.

  20. Selamat siang
    Untuk kapasitas air kolam 600 m³ butuh perbandingan brp ya, sama ph air kolam sy selalu 8
    Bagaimana solusi nya ya

    1. Selamat siang pak Abdul.
      Terimakasih sebelumnya Bapak sudah meninggalkan komentar.
      Untuk ukuran kubikasi air yang seperti Bapak sebutkan. Untuk pemberian kaporit pertiga sebaiknya dengan takaran 5 Samapi 6 kg, untuk kondisi air bening.
      Dan mengenai pH yang selalu tinggi biasanya disebabkan karena adanya penambahan air kolam. Untuk menurunkan pH gunakan HCL. Cara penggunaannya masukan hcl ke dalam air kolam renang per 1 liter, dan tes pH nya jika masih tinggi tambahkan lg HCL begitu seterusnya sampai ketemu titik ideal untuk pH.
      Demikian semoga dapat membantu.
      Terimakasih.

      1. Selamat siang..
        Saya mau tanya,saya penjaga kolam renang umum..
        Kolam renang saya kenapa selesai tresthmen,kejernihan hanya bertahan seminggu..jadi kami selama sebulan harus treathmen 4x..
        Untuk Treathmen kami menggunakan Kaporit 60 PAC sma trusi..
        Apakah penggunaan Soda ash waktu treathmen itu perlu?

        1. Selamat sore pak Danang.

          Sebelumnya terimakasih telah meninggalkan komentar.
          Jika air cepat berubah hijau, bisa disebabkan karena kadar pH terlalu rendah.
          Dan bapak bisa melakukan treatment menggunakan soda ash .agar pH air naik,jika nanti pH terlalu tinggi turunkan kadar pH nya menggunakan hcl.
          Demikian semoga dapat membantu.

          Terimakasih.

  21. Maaf mas saya mau nanya nih kalo kolam bening tapi kotoran yang mengendap balik lagi ke kolam gimana cara mengatasi nya ya, obat2an udah saya pakai semua tapi masih tetap mengendap apa kotoran air hujan pengaruh nya

    1. Selamat pagi Pak Yopi.

      Saya ucapakan terimakasih karena telah meninggalkan komentar.
      Untuk kotoran yang berbalik kelokan dapat disebabkan oleh 3 faktor:
      1 Terlalu banyaknya kotoran yang berada di dalam kolam, sehingga pada waktu dilakukan vacum filter tidak mampu menahan kotoran yang terlalu banyak, jadi sebagian kotoran kembali ke kolam. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya dilakukan vacum buang.
      2. Median filter yang tidak berfungsi secara maksimal, yang biasanya disebabkan sudah mengerasnya media tersebut. Sulusinya adalah dilakukan penggantian media.
      3. Ada bagian sistem filterisasi yang mengalami masalah.
      Demikian semoga dapat membantu.
      Terimakasih.

  22. Selamat siang pak Ristana.
    Mohon informasi bagaimana cara mengatasi air kolam renang berkabut/tidak bening..
    Saya sering melakukan penambahan air dan nat kolam renang sudah semuanya rusak.
    Dan kenapa pada saat saya melakukan pengobatan soda ash + pac kotoran tidak semua mengendap,ada sebagian hasil pengobatan mengambang?terimakasih.

    1. Selamat sore Bp.Yoga.

      Terimakasih sebelumnya sudah meninggalkan komentar.
      Untuk air kolam yang berkabut tambahkan kaporit terlebih dahulu lalu kasih HCL.
      Sering menambah air kolam sangat berpengaruh dengan tingkat kejernihan air.
      Untuk Nat yang sudah habis sebaiknya segera dinat ulang lagi. Karena jika didiamkan akan membuat keramik lepas, bahkan semakin lama didiamkan akan merusak waterproof, sehingga kolam akan bocor. Untuk pengendapan yang tidak bisa mengendap keseluruhan bisa disebabkan karena takaran PAC nya kurang.

      Terimakasih semoga dapat membantu.

  23. Selamat sore pak,untuk treatmen kolam yang ph nya gak bisa naik bgaimana ya?pdhal sudah pakai soda ash…mlah air tmbah keruh tidak mengendap.air berwarna putih keruh?untuk volume air 300 m3.
    Kiranya berkenan menjawab pak.suwun..

    1. Selamat siang pak Danang.
      Terimakasih sebelumnya karena sudah meninggalkan komentar.
      Dan mohon maaf atas keterlambatan dalam menjawab pertanyaan.
      Untuk treatment air kolam renang, kadar pH harus dinaikan terlebih dahulu. Jadi tahbahkan soda ash hingga air berubah putih, baru ditambahkan PAC. Dan jika pengendapan tidak maksimal tambahkan HCL untuk membantu menurunkan kotoran.
      Semoga dapat membantu.

    1. Selamat siang pak Dhani.
      Untuk pengobatan perawatan bapak bisa lakukan dengan chemical kaporit sama soda ash saja.
      Untuk kaporit bisa 3 hari sekali ditambahkan. Untuk takaran bapak bisa berpatokan Teskit.
      Untuk soda ash bapak bisa tambahkan seminggu sekali atau sesuaikan dengan hasil pengetesan kadar pH.
      Pengobatan treatment ada beberapa chemical yang digunakan, diantaranya:
      1. Kaporit
      2. Soda ash
      3. Trussi
      4. PAC.
      Demikian semoga dapat membantu.

  24. pagi pak Ristana
    ukuran kolam 7.2 x 4.8 x 1.3mtr dg dinding batu alam.
    kondisi nya sekarang karena lagi banyak hujan menjadi warna hijau (alga). boleh tolong advis nya harus bagaimana spya kembali bening dan chemical apa yg musti digunakan (ukuran dan step nya). mohon bantuan ya pak.
    terima kasih

    1. Selamat siang pak Dani.
      Terimakasih kasih sebelumnya karena telah meninggalkan komentar.
      Jika dinding kolam sudah ditumbuhin alga biasanya kadar chlorine menurun.
      Untuk itu bapak bisa tambahkan kaporit dan trussi.alga yang menempel bisa dibantu dengan menyikat, agar alga dapat terlepas dari batu.

      Terimakasih semoga dapat membantu.

      1. terima kasih atas respond nya.

        bagaimana dg takaran penggunaaan kaporit dan terusi nya ya pak.

        mana dulu yg di lakukan, menyikat dinding, atau sebar chemical nya duluan? dan urutan/ukuran chemical nya seperti apa utk kolam 7.2×4.8×1.3?

        terima kasih ya pak

        1. Sore pak Dani
          Untuk takaran kaporit bapak dapat tambahkan 1 kg grenuler, dan untuk trussi nya 0,5 kg. Setelah dilakukan pengobatan, baru disikat.
          Terimakasih.

  25. Pagi pak,maaf mau nanya kalau sehabis ngasih soda ash sama terusi tiba2 mesin kolam bocor karena sealnya putus jadi terpaksa saya matikan dulu mesinnya,dan selama 3 hari baru dinyalakan krn baru bener dan ga bocor.sekarang airnya kurang jernih jadi musti gimana ya pak,mohon pencerahannya..makasih

    1. Selamat sore pak Roni.
      Bapak bisa lakukan sirkulasi terlebih dahulu, dan lakukan vacum. Biasanya air akan bening lagi .
      Terimakasih.

    1. Selamat sore pak Irfan
      Terimakasih sebelumnya sudah meninggalkan komentar.
      Mohon maaf atas keterlambatan dalam kami menanggapi komentar bapak.
      Jika kondisi air sudah berwarna coklat sebaiknya dilakukan treatment dengan sistem pengendapan. Dan salah satu chemical yang digunakan yaitu PAC.
      Semoga dapat membantu, Terimakasih..

  26. Selamat pagi kak, Saya tertarik dengan ulasan kakak, Saya mempunyai pertanyaan. Di kolam yang saya urus, akhir akhir ini sering membuat baju renang berubah warna setelah orangnya berenang di kolam kami. Biasanya, baju akan berubah kecokelatan (pada permukaan baju putih), bahkan yang paling parah, akhir2 ini, sampai menyebabkan asesoris seperti gelang silver, bahkan kuku jari seperti menjadi kecokelatan. Apakah ini noda karat dan apakah diniding kolam yang terbuat dari batu kali bisa menyebabkan hal seperti ini? karena setahu saya, batu kali adalah bahan dasar pembuat besi.
    Mohon pencerahannya kak. TErima kasih banyak sebelumnya.

    1. Selamat siang Bayu.
      Terimakasih telah meninggalkan komentar.
      Untuk kejadian seperti yang Mas Bayu sampaikan, itu bisa disebabkan dari beberapa faktor: seperti adanya mlek2 kotoran yang menempel pada lantai koalisi dan dinding kolam, namun juga bisa disebabkan karena bemberian chemical yang tidak sesuai, misall takaran atau dosis ketinggian.
      Untuk batu kali yang dipergunakan pada kolam renang dari pengalaman kami tidak menimbulkan karat.
      Demikian semoga dapat membantu.
      Terimakasih.

  27. Mohon sarannya…
    Kolam renang saya portable ukuran 2,5 x 5 x 1 meter.
    Obat yg dipakai kaporit bubuk 60%, soda ash & PAC.
    Berapakah takaran yg tepat utk ukuran tsb?
    Saat ini biasa 500 gr masing2 tiap 2 minggu sekali (setengah bulan).
    Air mulai keruh dlm 2 minggu tsb dan agak hijau.
    Apakah perlu Prusi/Trusi? Berapa jumlahnya?
    Apakah perawatan kejernihan 2 minggu sekali ini cukup?
    Kolam biasa dipakai pada akhir pekan saja.
    Biasanya ditutup cover saat tidak dipakai.
    Apakah sebaiknya tetap terbuka agar selalu kena matahari?
    Takaran saya di atas itu PHnya normal, tapi klorinnya selalu rendah bahkan di bawah 0,5 (kadang tidak kuning sama sekali di tes kitnya).
    Tapi bau kaporitnya sudah sangat tercium setiap diberi 500 gr utk seluruh kolam itu.
    Mohon sarannya…
    Terima kasih banyak.

    1. Selamat pagi Pak Aris.
      Terimakasih kasih sebelumnya sudah meninggalkan komentar .
      Untuk takaran dengan ukuran yang bapak sebutkan di atas. Dengan takaran kaporit bubuk 60% cukup dengan 0,5kg. Per satu Minggu sekali, jangan tunggu air berubah hijau. Dan untuk takaran soda ash yaitu: 0,5 kg per dua Minggu sekali.
      Untuk PAC digunakan pada saat air benar-benar benar keruh sekali. Karena dengan penambahan PAC pasti akan terdapat endapan pada dasar kolam. Pada intinya pengobatan dengan kaporit dan soda ash jangan menunggu air berubah menjadi hijau.
      Untuk penggunaan trussi saya rasa tidak perlu pak. Jika Bapak melakukan perawatan seminggu 2 kali kejernihan air pasti terjaga.
      Perawatan yang saya maksud adalah dilakukannya vacum kotoran setiap 3 hari sekali. Penutupan kolam renang jika tidak dipakai boleh saja, tapi sesekali waktu sebaiknya dibuka agar uap kaporit yang berasal dari dalam air kolam terbuang .
      Demikian semoga dapat membantu .
      Terimakasih.

  28. assalamualaikum maaf saya baru bikin kolam renang dengan ukuran 9x4x60cm diisi dengan air sumur tapi dalam 2 hari terdapat banyak cacing mohon solusinya terima kasih

    1. Waalaikum salam Pak Asep.
      Mengenai cacing yang masuk ke dalam kolam renang bisa disebabkan karena, lingkungan kolam renang tidak bersih, seperti adanya tanah yang belum ditanami tanaman di sekeliling kolam renang sehingga pada saat terkena air , cacing tanah akan naik kepermukaan tanah dan masuk ke dalam kolam renang. Dan juga bisa disebabkan karena air kolam renang tidak ada kandungan chlorine.
      Untuk mengatasi bersihkan lingkungan kolam renang dan lakukan pengobatan pada air kolam renang agar bakteri dan cacing yang masuk ke kolam renang mati. Pengobatan air kolam renang menggunakan kaporit.
      Akan lebih maksimal lagi jika dilakukan pengendapan agar bersih dari bakteri.
      Untuk ukuran kolam seperti yang bapak sebutkan chemical yang digunakan dan takarannya sebagai berikut:
      Kaporit 60% : 1 kg.
      Soda ash : 3 kg
      PAC : 1kg.
      Cacing tidak akan hidup pada air kolam renang yang terdapat kandungan chlorine dan pH.
      Demikian semoga dapat membantu.
      Terima kasih.

  29. selamat siang..
    saya ada rekan berencana membangun sendiri rumah berikut kolam renangnya dan saya diminta tolong untuk membuatkan instalasinya.
    Setelah saya baca di blog dimulti-poolkira-kira bisa atau tidak saya order perlengkapan instalasi kolam renang berikut chemicalnya dengan arahan teknis pemasangan dari dimulti-pool ?
    lokasi di solo, rencana kolam ukuran 3 x 6 x 1,50 m3 dengan balancing tank.
    sekalian barangkali saya bisa dapat nomor WA yang bisa dihubungi..
    terima kasih.

    1. Pak Subiyato,

      Terima kasih telah berkomentar di blog kami.

      Bisa Pak..

      Bapak bisa langsung diskusi dengan Pak Supomo dengan nomor HP/WA di 0812 9929 9939

      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.