Press "Enter" to skip to content

6 Hal yang Membuat Konstruksi Kolam Renang Menjadi Mahal

7 Hal yang Membuat Konstruksi Kolam Renang Menjadi MahalKonstruksi kolam renang sangat berpengaruh pada keberlangsungan kolam renang itu sendiri. Konstruksi yang kokoh membuat kolam renang menjadi kuat, tahan lama, dan tidak mudah rusak. Selain itu, kedalaman dan luas kolam renang juga menjadi pertimbangan. Semakin luas dan semakin dalam suatu kolam renaga, maka kolam tersebut akan membutuhkan konstruksi yang semakin kuat juga.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Kolam Renang Air Hangat

Kesalahan yang fatal pada sebagian besar calon pool owner  adalah mereka menginginkan konstruksi kolam yang kuat dengan dana pembuatan yang minim. Hal ini hampir mustahil untuk dilakukan.  Karena, konstruksi kolam renang yang kuat mebutuhkan banyak material dan tenaga pengerjaan. Selain itu, semakin dalam dan semakin luas suatu kolam, maka semakin banyak pula volume air yang dimasukkan. Volume air ini tentu saja akan menambah berat beban yang ditopang oleh konstruksi. Selain beban yang berat semakin dalam kolam renang semakin besar tekanan airnya. Itulah mengapa kita perlu memperhatikan lebih dalam mengenai konstruksi pada kolam renang.

Hal yang Membuat Biaya Konstruksi Kolam Renang Menjadi Mahal

Secara umum, biaya konstruksi bangunan kolam adalah standar sesuai dengan prinsip bangunan sipil biasa. Namun demikian, bila dikerjakan oleh konstruktor yang kurang berpengalaman, biaya pengembangan kolam keseluruhan bisa membengkak dan menjadi lebih mahal. hal ini bisa terjadi akibat beberapa faktor. Penjelasan mengenai sebab-sebab pembengkakakn dana tersebut akan diuraikan dalam uraian di bawah ini.

Lokasi Kolam Renang

Faktor pertama yang membuat biaya konstruksi kolam renang menjadi mahal adalah karena Lokasi kolam renang yang sulit. Misalnya pembuatan kolam bertempat di lereng pegunungan yang sangat miring datarannya. Jika dataran tempat pembuatan kolam miring, maka konstruksi kolam renang harus menggunakan besi, dan matrial yang dibutuhkan akan lebih banyak. Jika matrial yang digunakan hanya sedikit, kemungkinan kolam akan longsor. Tingkat kemiringan tempat tersebuat akan membuat konstruksi kolam renang mudah longsor karena bebannya lebih berat dibanding dengan beban di dataran yang rata.

Ukuran Kolam Renang

Faktor penyebab mahalnya biaya konstruksi kolam renang yang kedua adalah ukuran kolam. Sangat jelas jika ukuran juga mempengaruhi biaya konstruksi. Semakin besar ukuran suatu kolam, maka semakin besar pula biaya yang dikeluarkan untuk membangun konstruksinya. Bahkan, untuk kolam yang oversize, biaya yang dibutuhkan juga akan sangat besar. Biaya ini meliputi biaya pembelian material, pembayaran tenaga pekerja kolam, dan berbagai biaya lainnya. Untuk itu, sebaiknya ukuran kolam disesuaikan dengan kebutuhan dan lahan yang tersedia untuk menekan biaya.

Finishing Kolam Renang

Ketiga, unsur finishing pada konstruksi kolam renang juga menjadi faktor yang menyebabkan biaya membengkak. Misalnya saja pada bagian lantai dan dinding kolam renang. Apabila bagian ini akan dipasang mozaik, maka biaya akan bertambah mahal dibanding jika anda menggunakan keramik. Hal ini dikarenakan Mozaik yang lebih kuat dan tersedia dalam bermacam-macam seri dan kombinasi warna. Jika ingin memadukan beberapa seri dan warna menjadi satu, anda juga membutuhkan biaya yang lebih karena setiap seri dan setiap warna memiliki harga yang berbeda.

Penambahan Efek Khusus pada Kolam Renang

Faktor keempat adalah penambahan efek khusus untuk kolam. Efek yang dimaksud disini adalah efek seperti air hangat atau efek gelombang. Bila pemilik atau pemakai kolam ingin air kolam hangat atau kolam dengan efek gelombang, maka ia akan membutuhkan mesin tambahan. Penambahan mesin penghangat atau pembuat gelombang membutuhkan biaya tambahan.

Penambahan Permesinan dan Aksesories Kolam Renang

Permesinan dan aksesoris kolam renang bisanya berharga mahal. Mesin yang dimaksud disini adalah mesin seperti pompa dan filter. Untuk mesin-mesin tersebut, biasanya kontraktor kolam renang lebih mengetahui ukuran yang tepat untuk kolam renang anda. Ukuran pompa berapa dan ukuran filter juga harus sesuai. Jika tidak, maka mesin-mesin tersebut tidak akan bekerja dengan baik. Aksesoris untuk perawatan juga sangat diperlukan untuk menjaga kondisi kolam. Jika menginginkan aksesoris tambahan, otomatis aka diperlukan tambahan biaya, sehingga biaya keseluruhan untuk konstruksi kolam renang akan semakin mahal.

Faktor Pengerjaan Kolam Renang

Pengerjaan yang tidak stabil akan membuat biaya konstruksi kolam renang meningkat. Jika proses pembuatan kolam renang bukan diserahkan pada ahlinya, maka akan banyak bahan yang terbuang sehingga konstruksi kolam renang menjadi semakin mahal. Sebaiknya, jika akan membuat kolam renang anda harus langsung menghubungi ahlinya.

Banyak orang yang tidak paham tentang pembuatan kolam renang. Sehingga, hal inilah yang dijadikan celah bagi kontraktor nakal untuk bermain. Para kontraktor ini akan menaikkan harga dengan sangat tinggi. Bahkan, mereka menawarkan harga kebutuhan untuk kolam tinggi pula. Jika pemilik kolam tidak paham mengenai hal ini, maka proses akan banyak memakan biaya konstruksi kolam renang yang mahal.

Saran dari saya, sebaiknya pilihlah kontraktor kolam renang yang ahli dan professional. Kontraktor yang ahli dan profesinal akan membuat konstruksi kolam renang yang kuat dan tidak mahal. Sekian bahasan kita mengenai aktor yang membuat konstruksi kolam renang menjadi mahal. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan bisa menjadi referensi untuk anda dalam membuat kolam renang.

Edited By: Eko Prasetyo (21 November 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.