Press "Enter" to skip to content

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Renang Air Hangat

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Renang Air HangatSaat ini, kolam renang sudah menjadi fasilitas yang banyak ditemui. Selain kolam renang umum, keberadaan kolam renang pribadi juga semakin menjamur baik di kota maupun didaerah. Jenisnyapun bermacam-macam. Ada yang hanya berair dingin, dan ada pula yang dilengkapi dengan heater sehingga suhu air bisa dinaikkan. Walaupun jumlahnya masih jarang, namun jenis kolam renang yang memiliki fungsi pengaturan suhu seperti ini mulai digemari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan sensasi berbeda yang diberikan oleh kolam renang yang memiliki air bersuhu tinggi, atau yang biasa disebut kolam renang air hangat.

Tidak seperti kolam renang pada umumnya, kolam renang air hangat dilengkapi dengan mesin pengatur suhu. Sehingga, kita bisa dengan leluasa mengatur suhu kolam sesuai dengan yang kita harapkan. Dan dengan berenang di dalamnya, anda akan merasakan tubuh anda menjadi semakin relax dan tenang. Selain itu, sensasi air hangat yang ditimbulkan juga bisa mengendurkan otot-otot dan syaraf anda yang tegang akibat aktivitas sehari-hari. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, saat ini semakin banyak orang-orang yang tertarik untuk membuat kolam renang jenis ini. Tetapi, jika anda tertarik dan berniat untuk membangunnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berkut kami lampirkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kolam renang dengan air hangat.

Kelebihan Kolam Renang Air Hangat

Berbicara mengenai kelebihan, ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh kolam renang air hangat. Bagi anda yang hobi berenang, tetntu musim dingin bukanlah waktu yang menyenangkan karenan suhu udara sangat rendah. Akan tetapi, jika kolam renang anda (terlebih yang berjenis indoor) memiliki penghangat air (heater), tentu musim dingin bukan merupakan halangan bagi anda untuk tetap berenang. Dan bagi anda yang bertempat tinggal di daerah dengan 4 musim, keberadaan heater bisa menjaga kolam anda untuk tidak membeku saat suhu sangat rendah atau ekstrim.

Baca juga : Cara Tepat Memasang Lampu LED Underwater

Kemudian, kolam renang air hangat juga sangat efektif untuk mengurangi ketegangan dan stress. berendam di air hangat dipercaya mampu memberikan suasana yang tenang dan rilek pada tubuh kita. Sehingga, hal ini dapat mengurangi ketegangan. Selain itu, jika anda sedang stress, berenang atau berendam pada kolam dengan air hangat juga dipercaya mampu untuk mengurangi stress yang anda rasakan. Apalagi jika anda memiliki mobilitas yang tinggi dan beban pekerjaan yang berat, tentu tingkat stress yang tinggi bukanlah hal yang bisa dihindari. Untuk itu, memiliki kolam renang dengan air hangat sangatlah cocok untuk anda.

Selanjutnya, kolam renang air hangat juga dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak. Tidak hanya membuat rilek dan mengurangi stress, tetapi kolam renang jenis ini juga dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak. Seperti yang kita ketahui, berenang, mandi, atau berendam di air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh. Naiknya suhu ini dapat memacu atau merangsang tubuh kita untuk menetralisir segala jenis stress dan pikiran negatif di otak kita. Dengan begitu, kinerja otak dapat bekerja secara maksimal.

Manfaat Lain Berenang di Kolam Renang Air Hangat

Selain manfaat-manfaat diatas, ada juga beberapa manfaat lain yang ditawarkan oleh kolam renang air hangat, khususnya dalam hal kesehatan. Pertama, berenang di air hangat dapa membantu anda dalam merawat kulit. Air hangat yang ada di dalam kolam akan membantu anda untuk mengangkat kelebihan minyak dengan efektif. Selain itu, air tersebut juga bisa mengurangi resiko kulit pecah-pecah. Sehingga, dengan berenang di air hangat anda bisa mendapat kulit yang lebih lembut, segar dan tetap lemba.

Kedua, berenang di kolam renang air hangat juga dipercaya dapat mengurangi sindrom kaki gelisah (Restless Legs Syndrome/RLS). RLS adalah gangguan saraf yang ditandai dengan sensasi tidak menyenangkan, seperti terasa berdenyut-denyut, nyeri akibat tertarik, atau geli, sehingga membuat kaki penderita tidak bisa diam dan terus bergerak. Dengan mandi atau berendam di air hangat, anda bisa mengurangi resiko sindrom ini. Hal ini dikarenakan perubahan suhu akan membantu anda mengurangi rasa nyeri pada kaki.

Selanjutnya, berenang di air hangat juga bisa mengatasi insomnia atau susah tidur. Bagi penderita insomnia dianjurkan mandi air hangat sekitar dua jam sebelum tidur. Air hangat ini akan menaikkan suhu tubuh, sehingga otak akan melepaskan hormon melatonin yang bisa merangsang rasa kantuk. Selain itu, uap panas yang dihirup saat mandi air hangat juga mampu melegakan saluran pernapasan serta meringankan sakit kepala.

Terakhir, berenang di kolam renang air hangat bisa melancarkan sirkulasi darah. Salah satu manfaat dari berendam di kolam renang air hangat adalah untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Jika peredaran darah lancar tanpa ada sumbatan maka tubuh akan lebih kebal dan tidak mudah terkena masuk angin. Selain itu, peredaran darah yang lancar juga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang berhubungan dengan arthritis.

Kekurangan Kolam Renang Air Hangat

Selain kelebihan diatas, kolam renang air hangat juga memiliki beberapa kekurangan. Yang paling terlihat adalah, anda akan membutuhkan biaya tambahan untuk memasang heater dan merawatnya. Selain itu, heater yang dipasang juga pasti akan berimbas pada naiknya tagihan listrik anda. Umumnya, heater membutuhkan daya listrik yang besar. Jika heater digunakan secara terus menerus, maka biaya tagihan listrik anda pasti akan membengkak juga

Selanjutnya, kolam renang air hangat tidak bisa digunakan untuk semua orang. Khususnya bagi ibu  hamil dan penderita tekanan darah tinggi atau rendah, mereka dilarang untuk berenang di kolam air hangat. Jika terlalu lama berendam atau berenang di air hangat akan meningkatkan suhu tubuh. Pada ibu hamil, suhu tubuh yang naik mendadak di awal kehamilan bisa menyebabkan janin terlahir cacat. sedangkan pada penderita tekanan darah rendah, naiknya suhu tubuh bisa menurunkan tekanan darah. Begitu pula dengan penderita tekanan darah tinggi. Naiknya suhu secara drastis bisa meningkatkan tekanan darah juga. Selain itu, berenang di kolam air hangat juga tidak dianjurkan bagi penderita penyakit jantung karena naiknya suhu bisa menyebabkan reaksi kejut atau serangan jantung.

Demikianlah artikel mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kolam renang air hangat. Selain memperhatikan hal diatas, anda juga perlu memperhatikan suhu maksimal pada air, yaitu 35 derajat celcius. Jika terlalu tinggi, suhu tersebut tidak baik untuk kesehatan. Semoga uraian diatas bisa menjadi pertimbangan anda dalam memutuskan untuk membuat kolam renang dengan air hangat atau tidak. Sekian dan terimakasih.

Edited by: Eko Prasetyo (18 November 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.