Langkah Tepat dalam Melakukan Coating Batu Alam

Langkah Tepat dalam Melakukan Coating Batu AlamSaat ini,banyak orang memilih batu alam untuk digunaan sebagai plasa pada bibir kolam renang. Hal ini dikarenakan batu alam tergolong kuat dan mudah dalam pembersihannya. Selain itu, jenis batu alam yang ditawarkan juga sangat beragam, membuat pilihan batu alam semakin menarik dan tidak monoton. Masing-masing batu alam ini memiliki jenis yang berbeda dengan karakteristik dan corak yang berbeda pula. Akan tetapi, jenis batu yang cocok untuk plasa atau bibir kolam diantaranya adalah Batu Andesit, Batu Palimanan, Batu Paras Putih Jogja. Jenis-jenis tersebut paling banyak digemari karena tingkat kekuatannya yag tinggi dan tidak mudah berlumut.Dan untuk menjaga batu-batu ini tetap terawat serta awet dalam waktu yang lama, anda perlu melakukan coating batu alam.

Coating batu alam adalah salah satu langkah dalam perawatan batu alam agar batu tersebut tetap berada pada kondisi yang maksimal. Dengan begitu, batu alam dapat memberi kesan yang lebih natural untuk kolam renang. Selain kesan yang lebih natural, batu alam yang sudah dicoating juga tidak menyerap air sehingga akan labih tahan lama dan tidak mudah rusak. Untuk pelaksanaannya sendiri, coating dilakukan dengan melapisi batu alam dengan sejenis larutan acrylic resin yang dibuat dengan formulasi khusus. Dalam pelaksanaannya, proses coating batu alam harus dilakukan dengan benar dan tepat. Dengan begitu, batu dapat tertutup cairan coating dengan maksimal. Untuk membantu anda dalam melakukan proses coating tersebut, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti dalam melakukan coating pada batu alam.

Sebelum Melakukan Coating Batu Alam

Sebelum dilakukan pelapisan atau coating, pastikan bahwa batu sudah dalam keadaan bersih. Batu yang akan dilapisi coating harus dalam kondisi bersih dari kotoran, debu, minyak, atau sisa semen yang menempel. Untuk itu, anda bisa membersihkan permukaan batu menggunakan sikat. Atau jika kotoran sulit dibersihkan, anda dapat menggunakan sikat kawat dan sabun. Jika lapisan batu bersih maka cairan coating dapat meresap dan menempel sempurna pada batu alam. Setelah batu alam yang akan di coating bersih, pastikan bahwa batu sudah benar-benar kering. Itulah mengapa proses coating batu alam sangat tepat jika dilakukan pada musim panas. Selain itu, panas yang maksimal akan mambuat cairan coating cepat kering dan menempel pada batu alam dengan baik.

Proses Coating Batu Alam

Selanjutnya, anda bisa melakukan proses coating batu alam dengan melakukan pengecatan dan pelapisan cairan coating pada permukaan batu alam. Pengecatan ini dilakukan seperti halnya mengecat dinding. Sebagai alat bantu, anda bisa menggunakan kuas. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menyemprotkan cairan coating dengan menggunakan kompresor. Lakukan secara merata pada permukaan batu, jangan sampai ada bagian yang terlewatkan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kolam Renang Indoor

Untuk hasil lebih maksimal, proses coating batu alam dapat dilakukan sebanyak 2 kali pengecatan. Sebelum memberi lapisan yang kedua, tunggu dulu sampai lapisan pertama agak kering, kira-kira 15-20 menit. Semakin banyak pemberian lapisan, maka hasilnya akan semakin baik, tidak mudah ditumbuhi lumut, sehingga awet dan tidak mudah terkorosif.

Setelah proses coating selesai, pastikan kembali bahwa coating telah dilakukan secara merata pada permukaan batu alam. Jika cuaca panas, maka lapisan coating akan cepat kering, dan keesokan harinya dapat dilihat hasilnya. Untuk proses coating sendiri, sebaiknya dilakukan secar berkala, yaitu 6 bulan sekali atau setahun sekali untuk menjaga supaya batu alam tidak mudah ditumbuhi lumut. Dan untuk setiap jenis batu, benyaknya coating juga berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kekerasan dan pori-pori yang dimiliki oleh batu alam itu sendiri.

Manfaat Melakukan Coating Batu Alam

Tujuan dilakukannya coating batu alam adalah untuk melindungi dan melapisi batu. Sehingga, air tidak dapat masuk melalui pori-pori batu dan menyebabkan batu cepat terkikis. Selain itu, coating juga akan melindungi batu alam dari tumbuhnya lumut yang bersifat korosif bagi batu itu sendiri. Coating juga mengurangi kontak langsung batu dengan matahari. Selain itu, coating juga bisa digunakan untuk mempertegas dan menonjolkan warna alami dari masing-masing batu. Untuk itu, pemilihan jenis dan warnacoating perlu diperhatikan agar tidak merusak tampilan alami batu alam.

Sekian ulasan mengenai cara melakukan coating batu alam agar batu tetap terjaga dengan baik dan lebih tahan lama. Semoga dapat membantu anda saat hendak melakukan coating batu alam pada kolam renang anda. Apabila anda memiliki pertanyaan lain mengenai topic ini, silahkan untuk menuangkannya pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

Edited by: Eko Prasetyo (15 November 2016)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.