Skip to content

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Renang Indoor yang Perlu Anda Tahu

Memiliki kolam renang pribadi merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika kolam tersebut terletak di dalam ruangan atau indoor. Dengan begitu, anda bisa berenang kapan saja dan tidak perlu khawatir dengan perubahan cuaca. Selain itu, dengan memiliki kolam renang indoor, anda bisa menjaga privasi anda saat berada di kolam renang.

Selain hal-hal tersebut, kolam renang di dalam ruangan juga menawarkan beberapa kelebihan serta kekurangannya sendiri. Untuk itu, berikut kami sampaikan beberapa kelebihan dan kekurangan kolam renang indoor yang perlu anda tahu.

Kelebihan Kolam Renang Indoor

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Renang Indoor yang Perlu Anda Tahu

Dengan lokasinya yang berada di dalam ruangan, tentu berenang di kolam renang jenis ini akan membawa sensasi tersendiri. Selain hal-hal yang telah dijelaskan diatas, kolam renang jenis indoor juga memiliki berbagai kelebihan yang ditawarkan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai kelebihan kolam renang dalam ruangan atau indoor, anda bisa membaca uraian dibawah ini.

1. Lebih Hemat Chemical

Terletak di dalam ruangan, kolam renang jenis ini sangat minim terkena cahaya matahari. Sehingga, chemical pada kolam indoor ini tidak mudah menguap. Chemical yang tidak mudah menguap juga akan menjaga kondisi air tetap jernih dan bersih. Kuman dan bakteri juga tidak mudah berkembang biak dalam kondisi ini. Dengan chemical yang tidak mudah menguap, maka penggunaan chemical menjadi lebih hemat.

Baca juga: Cara Memperindah Tampilan Kolam Renang

2. Tidak Mudah Tercemar

Kolam renang jenis indoor terletak di dalam ruangan. Dengan begitu, kemungkinan kontak langsung dengan kotoran seperti polusi, debu, dan lainnya sangatlah kecil. Sehingga, kolam renang jenis ini tidak akan mudah tercemar. Selain itu, kolam renang ini juga minim kuman ataupun bakteri penyebab penyakit. Biasanya, bakteri dan kuman ini masik ke kolam angin, debu, ataupun kotoran yang masuk ke kolam, Akan tetapi, karena tertutup ruangan, maka kotoran-kotoran tersebut bisa dipastikan tidak bisa masuk ke kolam.

3. Perawatan Lebih Mudah

Ketiga, perawatan kolam renang ayng berlokasi di dalam ruangan lebih mudah. Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa kolam indoor tidak mudah tercemar. Sehingga, kondisi kolam jenis ini tergolong lebih bersih tanpa banyak kotoran di dalamnya. Sehingga, dalam perawatannya tidak membutuhkan banyak usaha.

4. Air Hujan Tidak Masuk Ke Kolam

Kadar klorin yang tetap membuat air selalu jernih dan bersih. Jika kadar klorinnya turun makan air kolam akan mudah keruh atau kotor. Air hujan yang masuk ke kolam renang dapat menyebabkan turunnya kadar klorin. Kolam yang terkena air hujan kadar klorinnya cepat menurun. Sedangkan dalam kolam renang jenis indoor (dalam ruangan), air hujan tidak bisa masuk dan mencemari kolam. Sehingga, kadar klorinnya akan tetap dalam waktu yang lama.

5. Kolam Renang Indoor Menawarkan Privasi Lebih bagi Penggunanya

Kelima, dengan berenang di kolam renang bertipe indoor, pengguna bisa lebih merasa nyaman. Selain itu, kolam renang jenis indoor juga memberikan kesan nyaman untuk penggunanya. Kesan nyaman ini ditimbulkan karena kolam berada di dalam ruang tertutup sehingga pengguna merasa aman. Selain itu, pengguna bisa berenang dan bercanda bersama keluarga tanpa ada yang mengganggu.

Kemudian, sifatnya tertutup juga memberikan privasi yang lebih pada penggunanya. Untuk orang yang sangat menjaga privasinya kolam renang jenis ini sangat cocok karena tertutup. Bisa berenang dan melakukan aktivitas lain di kolam tanpa ada orang lain yang melihat

Kekurangan Kolam Renang Indoor

Disamping memiliki kelebihan diatas, kolam renang jenis indoor juga memiliki beberapa kekurangan.

Pertama, karena letaknya yang berada di dalam ruangan, otomatis udara tidak bisa keluar masuk dengan bebas. Sehingga, bau chemical kolam renang akan sangat terasa di dalam ruang. Bau chemical sangatlah menyengat, terutama untuk klorin, dan bagi beberapa orang, mereka tidak tahan akan bau-bauan tersebut. Untuk menyiasatinya, anda bisa membuat banyak ventilasi pada ruangan kolam, sehingga udara bisa keluar masuk dengan bebas.

Kemudaian, biaya pembangunan kolam indoor juga tergolong mahal. Biaya biaya ini termasuk untuk pembuatan dinding dan juga atap. Dinding kolam juga harus menggunakan konstruksi yang kuatsehingga bisa menopang atap. Jika dinding kurang kuat dapat roboh dan membahayakan untuk pengguna kolam renang.

Demikian tentang kelebihan dan kekurangan kolam indoor bisa menjadi pertimbangan jika ingin membuatnya. Kolam ini memiliki begitu banyak kelebihan yang menjadi magnet dan daya tarik banyak orang. Selain itu, memiliki kekurangan pula.

Bagaimanapun juga, pilihan ada di tangan anda. Apakah akan membangun kolam indoor ataupun outdoor, sebaiknya disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing. Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai kolam renang.

Edited by: Eko Prasetyo (14 November 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.