Jenis-Jenis Sistem Pemipaan Kolam Renang dan Pemasangannya

Jenis-Jenis Sistem Pemipaan Kolam Renang dan PemasangannyaSistem pemipaan kolam renang adalah hal yang penting untuk keberlangsungan  kolam renang itu sendiri. Dengan sistem pemipaan yang baik, maka sirkulasi kolampun akan menjadi baik. Sehingga, air dapat terjaga kebersihannya. Namun jika sirkulasi air pada kolam buruk, maka dapat berimbas pada kualitas air yang juga buruk. Selain itu, sirkulasi kolam yang buruk juga akan mengakibatkan perawatan kolam yang tidak maksimal.

Jenis Sistem Pemipaan Kolam Renang

Secara garis besar, sistem sirkulasi kolam renang terdiri dari dua bagian, yaitu sistem mekanikal dan sistem pemipaan. Keterangan lebih lanjut mengenai kedua sistem ini akan dijelaskan pada uraian berikut.

Sistem sirkulasi yang pertama adalah sistem mekanikal. Sistem ini ,merupakan sistem yang melibatkan mesin pompa dan filter. Tanpa sistem ini pergerakan air kolam renang tidak akan berjalan dan tidak menghasilkan mutu air yang baik. Oleh sebab itu proses sirkulasi air kolam renang sangat bergantung pada sistem ini. Selain itu, sistem ini juga melibatkan sistem elektrikal yang berupa panel yang terhubung dengan sebuah jaringan listrik. Jaringan inilah yang memiliki fungsi sebagai penyuplai daya terhadap sistem mekanikal.

Selanjutnya adalah sistem pemipaan kolam renang (plumbing). Sistem pemipaan berupa jaringan instalasi pipa air yang dipetakan menurut kebutuhan. Sistem ini dimaksudkan sebagai jalur utama penghubung antara sistem mekanikal dan kolam renang. Dalam hal ini, sistem pemipaan kolam renang dibedakan menjadi beberapa macam seperti yang tertera pada uraian berikut.

Baca juga 7 Kelebihan Mozaik Untuk Kolam Renang disini

Sistem Pemipaan Jalur Inlet

Sistem pemipaan kolam renang yang pertama adalah jalur inlet. Yang dimaksud dengan jalur inlet adalah dimana jalur masuknya air dari pompa ke kolam renang yang melewati nozzel inlet atau inlet fitting. Jadi, air akan disedot pompa, kemudiaan disaring, dan masuk kembali ke kolam melalui jalur inlet. Jika pemipaan kolam renang jalur ini rusak maka air yang dialirkan ke kolam tidak sesuai dengan harapan.

Sistem Pemipaan Jalur Vacuum

Kedua pemipaan jalur vacuum adalah sistempemipaan kolam renang yang digunakan untuk menyedot kotoran pada dasar kolam renang. Jalur ini untuk mengalirkan air menuju ke filter kolam renang untuk disaring. Kemudian air bersih hasil penyaringan akan dialirkan kembali ke dalam kolam. Jika keadaan kolam terlalu kotor biasanya kotoran yang di vacuum akan langsung dibuang dari jalur ini tanpa masuk ke filter. Jalur vacuum ini digunakan saat pelaksanaan vacuum kolam renang. Selang vacuum untuk menghisap kotoran akan dipasangkan pada jalur ini sehinggan kotoran akan masuk ke filter.

Sistem Pemipaan Jalur Skimmer

Ketiga, yaitu sistem pemipaan kolam renang jalur skimmer. Sistem ini mengalirkan air dari box skimmer dengan cara dihisap menuju pompa. Jalur skimmer dan box skimmer ini hanya ada pada kolam renang jenis skimmer. Box skimmer sendiri berfungsi sebagai balancing tank. Dari sini, air akan dialirkan ke filter untuk selanjutnya di masukkan ke kolam kembali.

Sistem Pemipaan Jalur Overflow

Selanjutnya, yaitu sistem pemipaan kolam renang jalur overflow. Sistem ini merupakan jalur air dari gutter yang mengalir ke arah balancing tank. Sesuainamanya, sistem pemipaan ini hanya ada pada kolam renang jenis overflow. Air dari balancing tank akan dialirkan menuju ke filter untuk disaring. Dan kemudian akan dialorkan kembali kedalam kolam.

Sistem Pemipaan Jalur Maindrain

Kelima adalah sistem pemipaan jalur maindrain. Sistem ini merupakan jalur air di bagian bawah/lantai kolam yang menghisap air menuju pompa kolam. Jalur maindrain ini letaknya di bawah lantai kolam renang. Saat pelaksanaan vacuum, jalur pemipaan ini  akan ditutup, dan yang dibuka adalah jalur pemipaan vacuum.

Sistem Pemipaan Jalur Back Wash

Sistem pemipaan kolam renang yang terakhir adalah sistem jalur back wash. Jalur ini merupakan pipa saluran pembuangan air yang digunakan pada saat mencuci filter kolam renang. Air dari jalur ini akan langsung dibuang keluar karena air tersebut merupakan air kotor bekas mencuci filter.

Cara Memasang Sistem Pemipaan Kolam Renang yang Baik dan Benar

Selain mengetahui jenis-jenis sistem penipaan kolam renang, anda juga harus mengetahui cara pemasangan sistem pemipaan yang baik dan benar. Untuk itu, berikut kami lampirkan cara pemasangan pipa yang bisa anda contoh. Dengan menerapkan cara tersebut, pemipaan yang anda pasanga akan terlihat lebih rapi, dan tidak mudah mengalami kebocoran.

Langkah Memasang Pipa Pada Sistem Pemipaan Kolam Renang

Pertama, pastikan bagian permukaan pipa yang akan di lem dalam keadaan bersih dan kering. Bagiann yang kotor dan basah akan memiliki daya rekat lem yang kurang sehingga bisa menyebabkan kebocoran. Untuk itu, bersihkan permukaan pipa dengan kain terlebih dahulu sebelum dilakukan pengeleman.

Kedua, anda harus mengerik permukaan pipa dan fitting yang akan di lem. Pengerikan bisa dilakukan dengan kepala gergaji besi atau dengan di amplas dengan amplas yang kasar. Sehingga permuakaan yang akan di lem menjadi kasar, dan lem bisa menyatu dengan pipa secara maksimal.

Kemudian, oleskan lem PVC pada permukaan pipa yang telah dikerik. Pemberian lem lebih baik dengan jumlah banyak dan jangan terlalu tipis. Gunanya supaya permukaannya menjadi licin dan tentu saja untuk mengurangi resiko kebocoran.

Pada saat penyatuan permukaan pipa dan fitting yang telah di olesi lem, gunakan alat penarik atau katrol. Tujuannya agar pipa masuk ke dalam fitting dengan maksimal. Saat penyatuan pipa da fitting, tahan dahulu beberapa menit agar keduanya tidak membalik. Tetapi, untuk pipa diameter 3″ kebawah, tidak perlu memakai alat penarik/katrol, cukup dengan ditekan saja dengan tangan.

Pastikan semuanya terpasang dengan benar. Tunggu hingga semua bagian yang di lem kering. Setelah itu proses pemipaan kolam bisa dilanjutkan. Demikian artikel kami mengenai sistem pemipaan kolam renang. Semoga bermanfaat, dan dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang mengerjakan proyek serupa. Dan jangan lupa, jika nda memiliki pertanyaan atau pendapat seputar topik diatas, anda bisa mengutarakannya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

Edited by: Eko.P_Dimulti (9 November 2016)

22 Comments

  1. rully sudjana November 16, 2016
    • admin November 17, 2016
  2. Iswan December 16, 2016
    • admin December 17, 2016
  3. Julio August 2, 2017
    • Eko Prasetyo August 21, 2017
  4. budi September 15, 2017
    • Ristana October 30, 2017
  5. antoro October 4, 2017
  6. kuswara nanjar October 27, 2017
    • Ristana October 30, 2017
  7. siswo November 23, 2017
  8. siswo November 23, 2017
    • Ristana November 24, 2017
  9. sofian January 12, 2018
    • admin January 12, 2018
  10. Achmad Royani January 24, 2018
    • admin January 25, 2018
  11. Andi February 23, 2018
  12. Ahmad arifin March 5, 2018
  13. Nova October 31, 2018
  14. Ahmad arifin November 5, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.