Press "Enter" to skip to content

6 Penyebab Air Kolam Renang Berwarna Hijau

6 Penyebab Air Kolam Renang Berwarna HijauMemiliki kolam renang dengan air yang bersih dan jernih adalah idaman bagi semua orang. Dengan begitu, aktivitas berenang menjadi lebih mengasyikkan tanpa khawatir akan adanya organisme penyebab penyakit di dalam air. Akan tetapi, sepertinya hal ini cukup sulit untuk diraih. Banyak orang mengeluhkan bahwa air kolam renang mereka cepat sekali berubah warna menjadi kehijauan. Meskipun sebenarnya mesin filter masih berfungsi dengan baik, tetapi kadang air tetap berubah warna menjadi kehijauan. Jika sudah berwarna hijau, tentukolam akan terlihat kotor dan tidak menarik. Lalu, apa sebenarnya penyebab air kolam renang berwarna hijau? Berikut uraiannya.

Beberapa Penyebab Air Kolam Renang Berwarna Hijau

Pada umumnya, air kolam renang yang berwarna kehijauan disebabkan oleh tingginya tingkat alga di dalam air. Sehingga, zat klorofil dari alga tersebut membuat air kolam terlihat hijau. Akan tetapi, ada juga faktor-faktor lain yang membuat air kolam berubah warna menjari hijau. Dan disini, kami telah merangkum 6 penyebab air kolam renang berwarna hijau. Jadi, jika anda sedang mengalami masalah yang sama, uraian dibawah ini akan sangat membantu untuk menyelesaikannya.

Tingkat PH Air yang Tidak Stabil

Tingkat pH air kolam renang yang tidak stabil sangat berpengaruh pada kondisi air, dan akan berpengaruh terhadap warna air tersebut. Apabila pH air kolam tidak seimbang, maka organisme-organisme kecil seperti bakteri, kuman, lumut (ganggang) akan mudah berkembang biak. Sehingga, tingginya tingkat organisme yang ada berkembang biak di dalam air akan menyebabkan air kolam berwarna hijau.

Sistem Filtrasi yang Gagal

Penyebab air kolam renang berwarna hijau yang kedua adalah sistem filtrasi kolam yang gagal. Kegagalan sistem filtrasi ini biasanya disebabkan karena ketidakmampuan sistem untuk memfilter debit air kolam yang ada. Sehingga filter yang ada tidak mampu untuk menyaring debit air yang ada. Untuk itu, sebaiknya jumlah dan kapasitas filter di sesuaikan dengan volume air kolam. Selain itu, sistem pemipaan juga sangat berpengaruh pada hijaunya warna air kolam. Pemipaan yang buruk tentu akan menyebabkan kerja filter kurang maksimal sehingga air tidak terfilter dengan baik.

Pemberian Chemical yang Tidak Tepat Sasaran

Selain itu, pemberian chemical yang tidak tepat sasaran juga merupakan salah satu penyebab air kolam renang berwarna hijau. Untuk itu, penambahan chemical pada kolam renang juga harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan Chemical yang masuk ke kolam renang akan mengendalikan banyak unsur, termasuk perubahan pH. Untuk itu, sebaiknya perlu dilakukan pengecekan pH sebelum ditambahkan obat kolam renang. Sehingga obat yang diberikan sesuai dengan kondisi pH air.

Baca juga 3 Jenis Filter Renang Yang Wajib Diketahui disini

Kebersihan Daerah Kolam Renang

Selain itu, kebersihan daerah sekitar kolam renang juga menjadi salah satu penyebab air kolam renang berwarna hijau. Sehingga, anda juga perlu menjada kebersihan daerah sekitar kolam renang. Penggunaan filter hanya membersihkan air kolam, tetapi, kotoran dari luar seperti dedaunan juga dapat masuk dan mengotori kolam. Maka dari itu, jika di sekitar kolam terdapat tempat pembuangan sampah atau limbah lain, maka anda perlu menaruh perhatian lebih. Jangan sampai limbah atau sampah tersebut terbawa angin atau mengalir masuk ke kolam renang, dan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain.

Faktor Cuaca

Kondisi cuaca juga dapat mempengaruhi warna air kolam renang. Jika cuaca hujan maka air hujan akan masuk kedalam kolam, dan menyebabkanair kolam yang mengandung bahan kimia terbuang. Hal ini akan menyebabkan pH dalam air berubah. Selain itu, air hujan yang mengalir juga banyak mengandung kotoran sehingga bisa membuat air kolam tidak bersih. Selain itu, ketika cuaca berangin, angin yang kencang dapat membuat kotoran di sekitar seperti dedaunan masuk ke kolam renang. Sampah organik inilah yang dapat cepat membusuk sehingga membuat air menjadi kotor.

Faktor Makhluk Hidup Mempengaruhi Air Kolam Renang.

Makhluk hidup yang mempengaruhi air kolam renang yaitu phytoplankton. Phytoplankton adalah organisme yang berukuran sangat kecil dan termasuk keluarga ganggang hijau. Ganggang memiliki sangat banyak spesies, namun secara daris besar ganggang dapat bisa dibedakan 2 kategori. Kategori yang pertama yaitu ganggang yang berserat. Ganggang inilah yang membuat dinding dan lantai kolam berwarna hijau karena menjadi lumut yang menempel.

Kategori yang kedua yaitu ganggang yang bersel satu. Ganggang bersel satu ini menyebar dalam air tidak menempel pada dinding dan lantai kolam dan tidak menyebabkan lantai dan dinding kolam berwarna hijau. Namun ganggang ini menyebabkan air berwarna hijau. Jika kedua ganggang ini ada dalam kolam renang keadaan kolam renang sangat buruk. Dinding dan lantai kolam berwarna hijau serta air kolam renang juga berwarna hijau pula.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa perawatan sangatlah penting untuk mencegah air kolam berubah warna manjadi kehijauan. Untuk itu, bagi anda para pemilik kolam, akan lebih baik jika anda memperhatikan perawatan kolam dengan cermat. Telitilah dalam pembersihan dan pemberian chemical. Selain itu, pemeriksaan sistem secara berkala juga dapat memperlambat proses air kolam menjadi hijau. Demikianlah uraian kami tentang 6 penyebab air kolam renang berwarna hijau. Semoga bermanfaat, dan dapat membantu dalam merawat kolam di kediaman anda.

Edited by: Eko.P_Dimulti (8 November 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.