Press "Enter" to skip to content

Cara Memasang Lampu LED Underwater dengan Tepat

Cara Memasang Lampu LED Underwater dengan TepatDengan pencahayaan yang tepat, tampilan kolam renang akan menjadi lebih indah. Pencahayaan tersebut tidak hanya diperoleh dari lampu yang berada di sekitar kolam saja. Akan tetapi, pecahayaan yang berasal dari lampu yang dipasang di dalam kolam juga bisa mendongkrak keindahan tampilan kolam renang secara signifikan, khususnya pada malam hari. Lalu, bagaimana mengaplikasikan pencahayaan yang berasal dari dalam kolam? Jawabannya adalah dengan memasang lampu LED underwater yang diperuntukkan untuk dinding kolam.

Sebagai informasi, LED underwater adalah jenis lampu yang dirancang secara khusus sehingga tahan dan bisa menyala didalam air. Lampu ini mampu memberikan efek cahaya yang bagus dari dalam kolam renang. Cahaya yang dihasilkan seolah menyatu dengan air kolam, sehingga pada malam hari air kolam akan terkesan lebih berwarna. Selain itu, lampu ini juga menyajikan cahaya yang lebih terang dari lampu-lampu biasa. Dan yang paling menarik adalam keberagaman warna yang ditawarkan. Sehingga, anda bisa memasang lampu LED underwater dengan warna-warna yang anda suka. Akan tetapi, mengingat penempatan lampu ini yang tidak biasa, yakni didalam kolam renang, maka cara memasangnyapun membutuhkan perlakuan khusus. dan untuk membantu anda melakukannya, berikut adalah cara memasang lampu LED underwater yang baik dan benar.

Langkah-Langkah dalam Memasang Lampu LED Underwater pada Dinding Kolam

Pastikan Kabel Terpasang dengan Baik

Langkah pertama dalam memasang lampu LED underwater adalah dengan memberi sealen pada kabel yang masuk ke lampu LED. Beri sealen yang agak bayak agar bagian kabel tersebut rapat. Tujuannya adalah agar tidak ada air yang masuk ke dalam kabel sehimgga tidak menyebabkan konsleting listrik. Setelah kabel diberi sealen dengan sempurna, anda bisa mamasang tempat lampu. Tempat lampu dipasang dengan cara mengebor bagian dinding kolam untuk memasang baut, sehingga lampu bisa menempel dengan kuat pada dinding kolam. Untuk hasil terbaik, pasang lampu pada kedalaman 50-75 cm dari permukaan air.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa dalam memasang lampu LED underwater, kabel lampu sebaiknya ditarik lewat dalam dinding kolam renang atau dibawah keramik dinding. Sehingga, tidak terlihat ada kabel menempel pada dinding. Selain itu, hal ini juga bertujuan supaya kabel tidak mudah geser atau tersenggol jika ada yang berenang. Dan apabila kabel hanya menempel pada dinding, kabel akan mudah terkelupas sehingga menyebabkan konsleting.

Baca juga : 6 Jenis Heater Kolam Renang

Setelah langkah pertama selesai, anda bisa menuju langkah selanjutnya, yaitu menyambung kabel di dalam tee dus. Pada sambungan kabel jangan lupa untuk memberi selotip agar sambungan lebih kuat dan tidak mudah terkena air. Untuk hasil terbaik, gunakan selotip dengan ukuran 3M yang relatif lebih kuat dibandingkan jenis yang lain. Setelah sambungan kabel tertutup selotip dengan sempurna, tutup tee dus dengan rapat

Perhatikan Tegangan Listrik dan Instalasi

Kemudian, hubungkan kabel ke trafo. Penggunaan trafo itu sendiri adalah sebagai step down yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik. Hal ini diperlukan karena pada umumnya tegangan listrik PLN yaitu 220 volt, sedangkan tegangan pada lampu LED underwater pada umumnya adalah 12 volt. Untuk itu, tegangan ini perlu diturunkan supaya sesuai dengan tegangan lampu agar lampu dapat menyala.

Langkah terakhir dalam memasang lampu LED underwater adalah menghubungkannya ke sumber listrik. Setelah melewati trafo kemudian hubungkan kabel ke sumber listrik. Jika lampu menyala, berarti pemasangannya sudah benar. Tetapi jika lampu tidak menyala, anda perlu memeriksa lagi instalasi  lampu LED underwater tersebut.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memasang Lampu LED Underwater

Dalam memasang lampu LED underwater, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada balik lampu LED, terdapat kabel yang digulung. Sebaiknya, anda jangan melepas kabel ini apalagi mananamnya didalam dinding. Dengan adanya kabel ini, maka jika lampu rusak atau dilepas untuk diperbaiki, anda bisa melakukannya proses tersebut di atas kolam. Tetapi, jika kabel ini dilepas, perbaikan lampu akan lebih sulit.

Selain itu, dalam memasang lampu LED underwater, sebaiknya lampu jangan ditanam pada dinding kolam renang. Karena jika anda menanamnya, hal itu akan mempersulit anda saat akan melepas lampu dan bisa merusak dinding kolam. Selain itu, saat memasangnya kembali akan lebih sulit karena anda harus mengurangi air kolam.

Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan kabel yang besar untuk menyambung kabel lampu. Karena kabel yang besar memiliki kapasitas arus yang besar juga, sehingga lampu dapat menyala dengan terang. Jika kabel yang digunakan memiliki kapasitas arus yang kecil, maka listrik tidak akan mengalir dengan sempurna. Bahkan, arus yang mengalir kecil dapat menyebabkan lampu menyala redup atau tidak menyala sama sekali. Selain itu, kabel yang kecil akan cepat panas dan bisa meleleh sehingga akan membahayakan pengguna kolam renang.

Demikianlah ulasan kami mengenai langkah-langkah dalam memasang lampu LED underwater yang benar. Jika anda masih ragu dalam memasang lampu LED underwater di kolam renang anda, lebih baik anda gunakan jasa tukang yang sudah profesional dan berpengalaman. Jika membutuhkan tukang yang sudah profesional dan berpengalaman dalam hal ini, silahkan kunjungi website kami di www.dimultipool.com. Aau hubungi nomor telepon kantornya di 02184305011 ext.22. Semoga bermanfaat.

Edited by: Eko Prasetyo (17 November 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.