Skip to content

6 Jenis Heater Kolam Renang yang Bisa Anda Pilih

Kolam renang dengan air hangat kini semakin banyak digemari. Sebagian dari kolam renang jenis ini menggunakan air hangat alami yang berasal dari alam. Sementara sebagian lainnya menggunakan penghangat buatan atau yang biasa disebut heater. Heater merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan air kolam hingga mencapai suhu tertentu sesuai dengan yang kita inginkan. Dan berbicar mengenai heater, saat ini ada beberapa jenis heater kolam renang yang tersedia di pasaran.

Selain itu, heater kolam renang juga memiliki ukuran yang bermacam-macam. Maka dari itu, ukuran heater yang dipakai harus disesuaikan dengan ukuran kolam renang. Semakin besar ukuran kolam maka semakin besar kapasitas heater yang harus digunakan. Untuk lebih jelasnya, Berikut adalah jenis heater kolam renang yang bisa anda pilih untuk melengkapi kolam renang anda.

Berbagai Jenis Heater Kolam Renang

Heater Kolam Renang

Ada beberepa jenis heater kolam renang yang bisa dipilih. Kesemua heater tersebut menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis-jenis heater tersebut, berikut pernjelasan terperinci mengenai heater kolam renang.

Electric Heater

Electric Heater - solar rubber pool heating

Jenis heater kolam renang yang pertama yaitu heater elektrik. Heater kolam jenis ini menggunakan energi listrik untuk memanaskan air kolam. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan elemen-elemen pemanas yang berada di dalam mesin. Alat ini memiliki 2 tipe, yaitu instan elektric water heater dan electric water heater yang dilengkapi dengan penampungan.

Cara kerja instan elektrik water heater sangatlah sederhana. Air yang sudah dipanaskan oleh heater akan langsung dialirkan ke kolam renang. Sedangkan untuk water heater listrik dengan penampungan, cara kerjanya sedikit lebih komplek. Air yang sudah dipanaskan, akan ditampung pada tempat penampungan. Selanjutnya, air akan dialirkan ke kolam jika akan digunakan.

Air Conditioning Water Heater

solar rubber pool heating- Air Conditioning Water Heater
Air Conditioning Water Heater

Jenis heater kolam yang kedua yaitu air conditioning water heater. Alat ini bekerja menggunakan freon yang dibuang dari AC. Freon yang panas dialirkan ke heart exchanger sehingga akan memanaskan air di tanki penampungan. Kemudian, air akan keluar dari penampungan dalam keadaan hangat.

Heat Pump Water Heater

Ketiga adalah heat pump water heater. Alat ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan air conditioning water heater. Keduanya sama-sama menggunakan freon. Hanya saja, untuk heat pump, heater sudah dirancang khusus untuk penghangat air. Sementara pada air conditioning water heater, heater memanfaatkan AC yang suadah ada sehingga ditampung dipenampungan.

solar rubber pool heating - Heat pump water heater

Heater Dengan Gas

Jenis heater selanjutnya adalah gas water heater. Penghangat ini menggunakan gas sebagai sumber energi untuk menghangatkan air. Gas yang digunakan bisanya berasal dari gas elpiji atau gas alam. Cara kerja mesin ini seperti kompor gas, yaitu dengan cara memanasi pipa tempat jalannya air. Sehingga, saat air keluar sudah dalam keadaan hangat.

Baca juga : Mengenal Penghangat Air Kolam Renang

Heater Dengan Tenaga Matahari

solar rubber pool heating - Heater tenaga matahari

Selanjutnya, ada juga solar water heater. Seperti namanya, alat ini memanfaatkan tenaga matahari sebagai pemanas. Cara kerjanya adalah dengan memanaskan air yang mengalir di pipa dengan bantuan energi matahari. Kemudian, air tersebut ditampung pada tempang penampungan sebelum akhirnya dipergunakan.

Solar water heater ini terbagi menjadi 2 sistem, yaitu sistem pasif dan sistem aktif. Sistem yang pasif digunakan untuk skala kecil biasanya dipakai untuk rumah tangga. Sedangkan sistem yang aktif digunakan untuk skala besar seperti hotel dan rumah sakit.

Solar Rubber Pool Heater

Jenis heater yang terkhir adalah solar rubber pool heating. Heater kolam renang jenis ini bekerja dengan memanfaatkan tenanga matahari untuk memanaskan air. Cara kerjanya mirip dengan solar water heater. Hanya saja, pada heater ini, bagian kolektor atau penangkap panas matahari menggunakan panel karet.

Heater kolam renang  - solar rubber pool heater

Alasan penggunaan panel karet itu sendiri karena panel tersebut relatif kuat dan tahan terhadap chlor atau zat kimia kolam renang. Sistem pemanasan ini tidak menggunakan tanki atau penampungan. Jadi air yang sudah panas langsung dialirkan ke kolam renang sehingga disirkulasi langsung.

Demikian ulasan kami mengenai jenis heater kolam renang yang bisa dijadikan pilihan untuk anda yang ingin memiliki kolam renang dengan air hangat. Heater ini sangat cocok digunakan didaerah beriklim dingin atau ketika musim dingin. Jadi ketika suasana dingin, anda ingin berenang tanpa takut kedinginan karena anda dapat menggunakan heater untuk menghangatkan air kolam. Semoga bermanfaat.

Edited by: Eko Prasetyo (16 November 2016)

8 thoughts on “6 Jenis Heater Kolam Renang yang Bisa Anda Pilih”

  1. Yth Pak Narmadi
    Dimultipool

    Kenalkan saya Yudi dari Bekasi. Saat ini sedang membuat kolam in door ukuran 3 m x 8 m x 1,5 m.

    Rencananya pembuatan kolam akan kami coba kerjakan sendiri sedangkan semua peralatan kolam akan kami beli dari Dimultipool.

    Sebagai kompensasinya mohon kami diberikan konsultasi pemasangan sistem perpipaannya.
    WA saya 0812 1350400

    Terima kasih,

    Salam

    1. Selamat sore Pak Yudi.
      Terima kasih sudah meninggalkan komentar.
      Perkenalkan saya Ristana dari Dimultipool, saya akan membantu menjawab pertanyaan dari Bapak.
      terkait pemipaan kolam renang.
      Untuk pemipaan ada beberapa jalur yang harus disiapkan diantaranya jalur maindrain, jalur inlet, jalur vacum, jalur gutter, dan juga jalur balancing tank.
      Pemipaan harus disesuaikan dengan sistem kolam renangnya,
      Untuk lebih jelasnya Bapak bisa menghubungi pak Supomo di nomer WA 081299299939.
      Terima kasih.

  2. SELAMAT SIANG ,SAYA INGIN MENDAPAT KAN INFORMASI UTK KOLAM RENANG UKURAN KURANG LEBIH 38KUBIK BISA TIDAK YA UTK MENGANGKAT AIR PANAS KOLAM RENANG KE 35 DERJAT CELCIUS MBAK SAYA ADA PROJEK MBAK UTK SOLAR PANEL PEMANAS KOLAM RENANG SAY MINTA NOMOR TELPON UTK KOMUNIKASI SEGERA YA MBAK TERIMA KASIH..

    1. Selamat sore pak Syahrul.

      Sebelumnya saya ucapkan terimakasih sudah meninggalkan komentar.
      Untuk kubikasi air yang bapak sebutkan di atas bisa mencapai panas 35 derajad. Namun butuh waktu beberapa jam. Mengenai kunsultasi bapak bisa menghubungi kantor kami.
      Terimakasih.

  3. apakah dari kalian ada kenalan kontraktor kolam renang dengan jenis tipe heater yg di recomendasikan atau bisa memilih tipe water heater nya di kolam renang? tolong beri info, terima kasih

    1. Selamat sore

      Pak James.
      Trimakasih sebelumnya,karena telah meninggalkan komentar.
      Mengenai heater untuk kolam renang kami siap membantu pengadaan dan pemasangan nya.
      Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.