Kolam renang umum merupakan salah satu tempat rekreasi yang digemari masyarakat. Selain untuk rekreasi, tempat ini juga digunakan untuk olahraga. Disinilah tempat para penggiat olahraga renang malakukan aktivitas berenang. Melihat banyaknya fungsi kolam renang umum bagi masyarakat, maka tak heran jika tempat ini selalu dibanjiri pengunjung, khususnya di akhir pekan atau di hari libur. Akan tetapi, tahukah anda akan dampak negatif berenang di kolam renang umum? Berikut uraiannya.

Dampak Negatif Berenang di Kolam Renang Umum bagi Kesehatan

Dampak Berenang di Kolam Renang Umum

Artikel ini bukan bertujuan untuk mendeskriditkan kolam renang umum, ataupun mengajak masyarakat untuk tidak berenang di kolam renang umum. Akan tetapi, artikel ini hanya menginformasikan akan dampak negatif yang bisa diperoleh saan berenang di kolam renang umum, khususnya untuk kesehatan. Dengan begitu, anda yang akan berenang di kolam umum dapat melakukan hal-hal preventive untuk mencegah hal-hal negatif ini terjadi pada diri anda dan keluarga.

Penyakit Pencernaan

Dampak pertama dari berenang di kolam renang umum adalah munculnya penyakit di saluran pencernaan. Banyak kasus yang terjadi dimana penyakit pada saluran pencernaan seseorang terjadi setelah dia berenang di kolam renang umum sebelumnya. Salah sati penyakit yang populer terjadi setelah berenang di kolam umum adalah Disentri.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari jenis bakteri shigellosis. Tanda-tanda orang terkena disentri yaitu demam, mual, muntah, diare, kram dan sakit kepala. Biasanya penyakit ini terdapat pada kolam renang umum untuk anak-anak yang kebersihan airnya tidak terjaga.

Untuk itu, jika anda ingin mengajak anak anda berenang di tempat umum, ada baiknya anda memilih kolam renang yang memiliki standar kebersihan tinggi. Selain itu, beri juga pengertian pada anak untuk menjaga kebersihan dan tidak buang air kecil di dalam kolam, sehingga kolam akan terbebas dari bibit penyakit.

Diare

Diare disebabkan oleh infeksi dari bakteri eschericia coli yang penyerang bagian usus. Penyakit ini biasanya menular karena sanitasi yang buruk pada kolam, sehingga kuman dan bibit-bibit penyakit tidak bisa terbuang dan terus berkembangbiak dalam kolam. Selain itu, ada juga diare akut disebabkan oleh infeksi bakteri jenis protozoa yang menyerang pada bagian usus. Gejala yang timbulkan yakni penyebab kram perut, kembung, sering buang air, muntah, pucat, dan sakit badan.

Penyakit Kuning

Pada umumnya, penyakit kuning disebabkan oleh infeksi bakteri dari jenis leprospirosis. Orang yang terserang penyakit ini akan mengalami demam, menggigil, kulit menjadi kuning, pendarahan dan ruam pada kulit. Pada kolam renang, penyakit ini biasa ditularkan melalui urin tikus atau hewan lain yang masuk ke dalam kolam renang. Air yang tawar, bersih, dan menggenang akan menjadi ladang yang subur bagi perkembangbiakan penyakit ini.

Hepatitis A

penyakit ini disebabkan oleh virus dan sangat sulit diobati dengan hanya mengandalkan antibiotik. Biasanya penyakit ini akan sangat mudah menular saat anda berenang di kolam renang umum yang berada dekat dengan pembuangan limbah secara langsung. Selain itu, semakin banyak orang yang memakai kolam renang di tempat yang sama, maka potensi menularnya Hepatitis A menjadi lebih besar.

Infeksi Cacing

Selanjutnya adalah infeksi cacing. Penyakit ini disebabkan oleh cacing yang masuk kedalam tubuh. Cacing ini bisa masuk air kolam renang umum yang tertelan. Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal pada bagian kulit, demam, muntah dan penyebab diare. Jika tidak diobati penyakit ini bisa sangat berbahaya karena cacing akan berkembang biak dan menjadi parasit di dalam tubuh.

Penyakit Saluran Pernafasan

Influenza atau flu disebabkan oleh virus yang masuk ke saluran pernafasan. Jika orang yang sedang terjangkit flu berenang di kolam renang umum, maka virus flu tersebut akan mudah berpindah ke orang lain dengan perantara air kolam. Terutama saat kekebalan tubuh menurun, maka seseorang akan mudah terjangkit virus tersebut.

Baca juga Mengenal Kegunaan Obat Kolam Renang disini

Infeksi Lain Akibat Berenang di Kolam Renang Umum

Pertama adalah Infeksi Telinga. Infeksi ini sering dirasakan oleh orang yang biasa berenang di kolam renang umum. Infeksi telinga ini disebabkan oleh bakteri yang disebut psudomonas aeruginosa. Bakteri ini biasanya biasa berkembang pada kolam yang diberi chlorine. Tanda telinga yang terinfeksi yaitu sakit pada bagian dalam telinga bisa menjadi indikasi yang cukup serius. Kulit juga sering infeksi yaitu alergi gatal, dan terasa kering.

Infeksi kedua yang sering menyerang saat berenang di kolam renang umum yaitu infeksi pada kaki. Penyakit ini disebabkan oleh jamur tinea pedis yang bisa tumbuh dengan mudah dan subur di bagian permukaan kulit kaki. Infeksi ditandai dengan pada bagian kulit kaki terus mengelupas tanpa menyebabkan rasa sakit pada bagian tersebut. Meskipun tidak sakit, jika dibiarkan bisa bertambah parah. Jamur di kolam renang umum menyebar di air, lantai kolam dan permukaan kolam.

Selanjutnya, yaitu Infeksi mata. Penyebab infeksi ini adalah amoeba yang sering disebut naegleriasis dan acanthamoebiasis. Jika sudah terinfeksi, maka bisa bertambah parah bila penderita berenang di kolam renang umum. Bila sudah terjangkit infeksi ini, akan lebih baik jika setelah berenang segera mandi dengan air panas.

Tips Mengurangi Dampak Berenang di Kolam Renang Umum

Meskipun begitu, jangan jadikan penyakit-penyakit diatas sebagai halangan bagi anda untuk berenang di kolam renang umum. Bagaimanapun juga, berenang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan langkah preventif untuk mencegah penularan penyakit ini.

Jangan Minum Air Kolam

Langkah pertama adalah jangan meminum air kolam renang. Khususnya bagi anak kecil, hal ini sangat sering dilakukan. Untuk itu, berilah pengertian pada anak anda untuk tidak melakukan hal ini karena air kolam renang umum banyak mengandung bahan kimia dan bakteri.

Janagan Buang Air Kecil di Kolam

Selanjutnya, jangan buang air kecil atau buang air besar di kolam renang umum. Urin yang berada di kolam dapat bereaksi dengan zat kimia yang ada di kolam, dan menghasilkan zat yang berbahaya bagi manusia. selain itu, feses manusia juga berbahaya bagi air kolam. Bahkan kadang, hal tersebut bisa menularkan cacing yang bisa menginfeksi orang lain. Untuk itu, sebelum berenang, pastikan tubuh anda dalam keadaan bersih dan tidak membawa banyak kuman penyakit.

Bawalah Peralatan Renang Sendiri

Membawa peralatan sendiri saat berenang di kolam renang umum. Hal ini juga bermanfaat untukmengurangi resiko menularnya penyakit ke tubuh kita karena peralatan sendiri lebih terjaga kebersihannya. Peralatan yang di sediakan kolam renang umum belum tentu selalu dibersihkan. Kalupun dibersihkan, pembersihannya juga kadang kurang bersih sehingga kemungkinan besar masih terdapat kuman dan bakteri.

Rajin Minum Air Putih

Rajin minum air putih. Untuk mengurangi dehidrasi akibat menghirup klorin dari kolam renang, maka anda perlu untuk rajin minum air putih. Selain itu, makanlah makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh kuat maka kuman dan bakteri tidak mudah masuk ke tubuh. Sebaiknya membawa makanan sendiri karena lebih terjamin kebersihannya.

Gunakan Kaca Mata Reanang

Menggunakan kacamata renang agar air kolam tidak mengenai mata. Air kolam renang mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk mata. Selain itu, bersihkan diri dengan teliti setelah berenang. Gunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan bakteri dan kuman. Membilas tubuh dengan air yang bersih dan keringkan tubuh.

Demikianlah artikel mengenai dampak berenang di kolam renang umum ini saya buat. Semoga bermanfaat untuk referensi anda ketika anda ingin berenang di kolam renang umum. Jika anda memiliki pendapat lain tentang mengurangi resiko berenang di kolam renang umum, anda bisa menuangkannya pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

Edited by: Eko.P_Dimulti (7 November 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.