3 Jenis Filter Kolam Renang yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu komponen penting pendukung kolam renang adalah filter. Filter kolam renang merupakan sistem sirkulasi air yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat pada air kolam. Dengan adanya filter, maka air kolam akan selalu beada dalam kondisi bersih, jernih, dan terbebas dari segala macam kotoran. Secara teknis, ada 3 jenis filter kolam renang yang banyak digunakan seperti yang tertera pada uraian berikut ini.

sand filterSand Filter

Jenis filter kolam renang yang pertama dalah Sand filter. Filter ini merupakan filter kolam renang yang menggunakan pasir khusus untuk dalam proses penyaringan air kolam.

Cara kerjanya sangat sederhana. Air yang masuk kedalam tanki filter secara terus menerus akan menyebar ke bagian dalam dalam filter. Kemudian, air akan mengalir ke dasar tabung dengan melalui beberapa lapisan pasir.

Kotoran dan debu yang terbawa air akan tersaring dan terperangkap di butiran butiran pasir dan terkumpul diatas lapisan pasir tersebut. Air hasil penyaringan yang sudah bersih akan di alirkan kembali ke kolam renang. Dengan menggunakan filter ini, anda dapat menyaring kotoran atau debu yang berukuran sekitar 40 microns.

Setelah proses penyaringan, lama-kelamaan endapan kotoran akan semakin banyak diatas pasir dan di dalam tabung filter sehingga tekanan air akan menurun. Untuk itu, perlu di lakukan pembersihan filtersecara berkala. Pembersihan ini dilakukan dengan cara membalikkan tabung filter untuk mengeluarkan air yang tersisa di dalamnya, atau yang biasa disebut dengan sistem backwashing. Setelah filter sudah bersih kemudian bilas dan tuangkan kembali pasir kedalamnya.

cartridge filterCatridge Filter

Catridge filter adalah filter kolam renang menggunakan paper-type cartridge sebagai media penyaringnya. Pada umumnya, filter ini berbentuk tabung vertical di dalamnya terdapat cartridge.

Fungsi dari catridge ini adalah untuk menangkap kotoran. Dengan menggunakan Catridge, kotoran yang bisa ditangkap yaitu berukuran 10-20 micron, ukuran yang lebih kecil dari dari yang bisa ditangkap oleh sand filter.

Akibat proses penyarinyan, lama kelamaan akan banyak kotoran yang menempel pada cartridge dan menyebabkan cartridge buntu. Jika menemui masalah seperti ini ada dua cara penanganan yang perlu untuk dilakukan. Cara yang pertama dengan car membersihkan cartridge pada filter. Keluarkan cartridge dari dalam tabung semprot dengan air tekanan rendah. Jika menyemprot dengan air tekanan tinggi akan merusak cartridge.Cara kedua adalah mengganti cartridge filter dengan cartridge yang baru.

Baca juga Dampak Berenang di Kolam Renang Umum disini

DE filterDiatomaceous Filter

DE (diatomaceous earth) filter yaitu filter kolam renang yang prinsip kerjanya sama menggunakan cartridge. Perbedaannya hanya pada penambahan bubuk DE untuk melapisi cartridge. Bubuk ini sebenarnya adalah fosil dari organisme air yang bernama diatom. Ketika mati bangkai diatom akan jatuh dan mengendap di dasar air.

Tujuan pemberian bubuk DE ini adalah untuk menyaring kotoran yang sangat kecil. Kotoran yang dapat ditangkap oleh bubuk DE adalah kotoran yang berukuran 3-5 micron.

Salah satu struktur tubuh diatom yang unik adalah dinding selnya yang mengandung 90% silika. Jika dilihat menggunakan mikroskop, akan terlihat lubang kecil-kecil yang memiliki kemampuannya untuk menyaring air sedemikian efektif. Dengan sistem yang komplek, jenis filter kolam renang ini dirasa paling efektif dibanding sand filter dan cartridge filter. akan tetapi, harga dan perawatan filter jenis ini tergolong lebih mahal dari kedua jenis filter kolam renang lain.

Demikian jenis filter kolam renang yang bisa anda pilih. Semoga uraian kami bermanfaat,  da bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin membeli filter kolam renang. Bagaimanapun juga, setiap filter memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga, yang perlu anda lakukan saat membeli filter kolam renang adalah mempertibangkan filter mana yang akan cocok dengan kondisi kolam renang anda dan juga budget yang anda miliki.

4 Comments

  1. Mohdazlan December 11, 2018
    • Ristana December 12, 2018
      • asep nurdiansyah February 13, 2019
        • Ristana February 14, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.